Rabu, 12 Feb 2020 15:49 WIB

Usia Bukan Halangan, 40 Tahun Harus Tetap Bugar!

Angga Laraspati - detikHealth
Kebugaran Foto: Shutterstock
Jakarta -

Memasuki usia 40 tahun memang kinerja tubuh sudah mulai berkurang. Namun, hal tersebut seharusnya tidak membuat kita mengurangi aktivitas, karena menjaga kebugaran masih sangat dibutuhkan di usia produktif tersebut.

Berbagai cara juga bisa dilakukan agar tubuh tetap bugar ketika memasuki umur 40 tahun. Mulai dari menjaga pola makan, pola tidur, berolahraga secara rutin dan juga memeriksa kadar gula darah yang ada di dalam tubuh. Hal ini dinilai sangat penting untuk menjaga badan tetap fit dan bugar dalam menjalani segala aktivitas.

Mengapa hal tersebut sangat diperlukan? Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur mengatakan seiring dengan bertambahnya usia berbagai organ mengalami penuaan, salah satunya adalah tulang belakang.

"Yang paling sering ditemukan adalah bantalan sendi tulang belakang yang semakin kehilangan cairan, sehingga menjadikan fungsinya sebagai peredam kejut berkurang. Hal ini juga meningkatkan cedera tulang belakang yang umumnya sering terasa di lutut, siku, ruas jari, pinggul, leher hingga bahu," ujar dr Muliaman kepada detikHealth baru-baru ini.

Lebih lanjut, dr Muliaman mengatakan hal tersebut dikarenakan mulai dari usia 40 tahun diri kita akan kehilangan sekitar 1 persen dari massa otot per tahunnya, maka dari itu hal yang dapat dilakukan adalah meningkatkan massa otot dengan aktivitas fisik.

"Seiring bertambahnya usia, Anda juga menjadi kurang fleksibel. Anda bisa menambahkan yoga ataupun pilates ke dalam latihan harian Anda, yang akan membantu meningkatkan fleksibilitas, kekuatan pusat tubuh, keseimbangan, dan rentang gerak," imbuhnya.

Untuk itu, lanjut dr Muliaman, agar dapat meminimalisir proses degeneratif khususnya untuk sendi dan tulang kita harus memenuhi kebutuhan kalsium untuk memperkuat tulang sejak dini agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan pada tulang dan sendi.

"Selain itu, menjaga postur tubuh agar tulang selalu dalam kondisi yang tepat, konsumsi makanan yang mengandung vitamin D untuk penyerapan kalsium, juga tinggi protein untuk membantu membangun dan memperbaiki jaringan tubuh serta menambah massa otot," tambah dr Muliaman.

Dari penjelasan tersebut, Anda dapat memenuhi kebutuhan untuk meminimalisir proses degeneratif dengan mengonsumsi Susu Entrasol. Entrasol tersedia 3 macam yakni Entrasol Aktif untuk di bawah 40 tahun, Entrasol Gold untuk usia 40-60 tahun dan bagi yang sudah lebih 60 tahun dapat mengonsumsi Entrasol Senior.

(prf/up)