Kamis, 13 Feb 2020 14:34 WIB

Ngehits Gara-gara Lucinta Luna, Tramadol Bisa Untuk Nyeri Haid? 

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Usai diperiksa, siang ini polisi akan melakukan pengecekan terhadap darah dan rambut Lucinta Luna ke Laboratorium Forensik (Labfor). Ngehits gara-gara Lucinta Luna, tramadol bisa dipakai juga untuk nyeri menstruasi. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Aktris cantik Lucinta Luna baru-baru ini diamankan polisi karena memakai narkoba. Tramadol adalah salah satu obat yang diamankan dari Lucinta Luna. Bisakah dipakai untuk atasi nyeri haid?

Dr dr Kanadi Sumapraja SpOG-KFER, MSc dari Rumah Sakit Pondok Indah menjelaskan obat yang bisa dipakai untuk mengatasi nyeri haid, termasuk tramadol.

"Biasanya di tahapan awal kita akan menggunakan obat anti nyeri yang bekerja di ujung serabut saraf, biasanya itu akan menekan lepasnya mediator-mediator radang yang timbul akibat peradangan. Dengan demikian maka ujung-ujung saraf itu tidak akan teraktivasi karena adanya mediator radang tadi," katanya saat ditemui di SEIA Restaurant, Jakarta, Kamis (13/2/2020).

"Nah obat-obat seperti itu sebenarnya banyak, seperti misalnya yg paling gampang paracetamol, itu bisa digunakan sebagai obat untuk mengatasi nyeri menstruasi," jelasnya.

Bagaimana dengan tramadol?

"Bisa-bisa digunakan, obat seperti tramadol, itu umumnya adalah obat yang bekerja di central. Tapi kalau kita ingin menggunakan dianjurkan sih untuk tahap awal gunakan obat yang bekerja untuk yang bekerja di ujung serabut saraf tadi, karena kan terapinya bertahap ya, tidak bisa langsung konsumsi (tramadol)," tambahnya.

Menurutnya, jika mengalami nyeri haid yang parah, penggunaan obat yang mengandung morfin juga bisa diberikan.

"Kalau nyerinya terlalu hebat kita sudah bisa memberikan obat-obat yang mengandung morfin, yang akan mengatasi nyeri yang hebat itu," pungkasnya.

Ingat ya, tramadol termasuk obat keras yang hanya bisa dikonsumsi atas petunjuk dan dengan resep dokter.



Simak Video "Dipakai Lucinta Luna, Bolehkah Tramadol dan Riklona Dikonsumsi?"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)