Kamis, 13 Feb 2020 15:42 WIB

Lucinta Luna Didiagnosa Idap Gender Dysphoria, Ini Artinya

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Lucinta Luna saat ditemui di studio Trans TV. Lucinta Luna mengidap gender dysphoria (Foto: Palevi S/detikFoto)
Jakarta -

Diketahui Lucinta Luna adalah seorang transgender. Hal ini diungkapkan oleh polisi melalui surat putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) yang mengabulkan ganti kelamin dan juga nama.

"Sekarang statusnya yang bersangkutan adalah seorang perempuan secara hukum sah dari pengadilan dengan nama dari MF diganti menjadi AP. Ini putusan dari pengadilan dan ini yang kami anggap sah," jelas Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di Polres Jakbar, Jl S Parman, Jakarta Barat, Kamis (13/2/2020).

Diketahui sejak berusia 5 tahun, Lucinta memang sudah berperilaku layaknya perempuan hingga dewasa. Pada akhirnya tanggal 24 April 2006, ia memutuskan untuk melakukan operasi ganti kelamin, dari laki-laki menjadi perempuan di Rumah Sakit Rajyindee Thailand.

Setelah dilakukan identifikasi, Lucinta Luna didiagnosa mengidap gender dysphoria.

Menurut American Psychiatric Association, orang yang mengalami dysphoria umumnya merasakan kebingungan atas gender dan fisik yang mereka miliki.

"Selama ini kita hanya mengenal gender dengan pembagian peran pria dan wanita," tutur Dr Lori Beth Bisbey, psikolog dan pelatih seks dari London, demikian dikutip dari YourTango.

"Sekarang kita tahu bahwa gender telah meluas dan bahkan orang-orang yang tak bermasalah dengan gender yang dimilikinya sejak lahir sama dengan jenis kelamin biologisnya memaklumi adanya hal tersebut jadi bagian hidup mereka," lanjutnya.

Kondisi ini dapat muncul sejak kecil. Namun, gender dysphoria umumnya memiliki efek yang berbeda pada setiap orang.

Bentuk pengekspresiannya pun bermacam-macam, ada yang mengganti cara berpakaiannya, melakukan transisi sosial, atau bahkan sampai melakukan operasi ganti kelamin.



Simak Video "Dipakai Lucinta Luna, Bolehkah Tramadol dan Riklona Dikonsumsi?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
Debat Capres AS
×
Biden vs Trump
Biden vs Trump Selengkapnya