Kamis, 13 Feb 2020 16:06 WIB

6 Fakta Operasi Ganti Kelamin Seperti Dilakukan Lucinta Luna

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Usai diperiksa, siang ini polisi akan melakukan pengecekan terhadap darah dan rambut Lucinta Luna ke Laboratorium Forensik (Labfor). Lucinta Luna sempat menjalani operasi ganti kelamin (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Lucinta Luna yang kini diamankan polisi terkait penggunaan narkoba dikabarkan sebelumnya menjalani operasi kelamin. Ia disebut menjalani operasi ganti kelamin di Thailand.

Meski sudah banyak yang yakin ia melakukan operasi ganti kelamin. Namun Lucinta Luna selalu menepis anggapan tersebut. Apa saja sih fakta terkait operasi kelamin?

Berikut fakta operasi kelamin dirangkum detikcom dari beberapa sumber:

1. Masalah kejiwaan

Operasi transgender memiliki risiko seperti masalah kejiwaan dan psikologis. Selain itu, penambahan hormon bagi para transgender, seperti penambahan hormon estrogen pada wanita transgender juga disebut memicu risiko penyakit kanker.

2. Biaya mahal

Biaya yang dikeluarkan untuk operasi kelamin tidak tanggung-tanggung,kabarnya mencapai ratusan juta untuk mengubah jenis kelamin seseorang.

3. Sakit pasca operasi

Pasca operasi bisa menimbulkan efek samping yang menimbulkan rasa sakit selama berbulan-bulan, bahkan menahun.

4. Tidak bisa dikembalikan lagi

Sekalinya kamu melakukan operasi kelamin, kamu tidak bisa mengembalikannya lagi seperti semula. Sesuai atau tidak sesuai, kamu harus bisa menerima hasilnya.

5. Mengalami hematoma

Orang yang melakukan ganti kelamin, baik wanita maupun pria kemungkinan bisa mengalami komplikasi yang disebut hematoma, yaitu kumpulan darah tidak normal yang tumbuh di luar pembuluh darah. Kumpulan darah ini dapat memicu pembengkakan dan bisa terjadi di semua bagian tubuh.

6. Kematian jaringan pada alat kelamin

Risiko ini bisa terjadi baik laki-laki yang ingin jadi perempuan maupun perempuan yang ingin jadi laki-laki. Karena terlalu banyak tahapan yang harus dilewati saat transgender.



Simak Video "Dipakai Lucinta Luna, Bolehkah Tramadol dan Riklona Dikonsumsi?"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)