Jumat, 14 Feb 2020 06:35 WIB

3 Hal Yang Perlu Kamu Lakukan Jika Terbangun dengan Sakit Perut Pagi Ini

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
fakta seputar buang air besar Sakit perut saat bangun tidur (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Jika kamu terbangun pagi ini gara-gara sakit perut. Banyak faktor yang menjadi penyebabnya. Apa sih yang perlu kita lakukan jika sakit perut saat terbangun di pagi hari?

Penyebab sakit perut kadang sulit dikenali. Namun jika sakitnya terasa pada perut bagian bawah, bisa jadi kamu mengalami sindrom iritasi usus. Langkah pertama yang dilakukan adalah segera pergi ke toilet. Biasanya jika kamu sudah buang air besar, rasa sakitnya akan sangat berkurang.

Berikut 5 hal yang perlu kamu lakukan jika terbangun dengan sakit perut di pagi ini, dikutip dari The Healthy:

1. Kurangi Konsumsi Kopi

Kalau penyebab sakit perutmu adalah asam lambung, coba untuk kurangi konsumsi kopi. Jika kamu terbiasa minum dua cangkir kopi setiap pagi, cobalah untuk menguranginya. Kafein termasuk minuman yang mengganggu pencernaan. AKibatnya, usus bekerja lebih keras sehingga menyebabkan diare.

2. Konsumsi obat alami

Mengonsumsi obat alami bisa meringankan rasa nyeri perut yang disebabkan karena kembung. Contohnya, jika masalahnya karena asam lambung kamu bisa mengonsumsi daun mint.

3. Pastikan kamu nggak keracunan makanan

Pastikan kamu tak sakit perut karena keracunan makanan. Cek keluarga, atau teman dekat yang makan bersama saat makan malam, apakah mereka merasakan hal yang sama. Jika iya, kamu wajib untuk segera pergi ke dokter memastikan penyebab kondisi sakit perutmu.



Simak Video "Ini Alasan Jangan Makan Rasa Asam di Pagi Hari"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)