Jumat, 14 Feb 2020 08:02 WIB

Kurang Konsumsi Serat? Hati-hati Ini Penyakit yang Mengintai

Angga Laraspati - detikHealth
Buah Foto: shutterstock
Jakarta -

Banyak yang belum mengetahui kegunaan mengonsumsi serat, bahkan di Indonesia konsumsi makanan berserat masih belum menjadi sebuah kebiasaan. Berdasarkan data dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, pada tahun 2013 penduduk Indonesia di atas 10 tahun sebanyak 93,5% di antaranya tidak mengonsumsi sayur dan buah.

Dilansir dari CNN Health International ternyata mengonsumsi makan berserat tinggi dapat memiliki berbagai keuntungan. Sebuah penelitian bahkan menyebutkan orang yang mengonsumsi serat tinggi memiliki risiko kematian yang lebih rendah dibandingkan dengan orang yang asupan seratnya rendah. Sehingga mengonsumsi serat akan sangat penting bagi tubuh.

Berbagai penyakit yang berat pun ditengarai dapat menyerang apabila kita jarang mengonsumsi makanan berserat tinggi. Penyakit tersebut antara lain stroke, jantung, diabetes tipe 2, bahkan sampai kanker kolorektal.

"Tak sedikit orang yang tidak menyukai sayuran. Padahal, bahan makanan yang mengandung serat tinggi baik untuk tubuh kita. Kandungan yang membuat suatu makanan menjadi sehat adalah serat yang memberikan benefit seperti dapat menurunkan kadar gula darah dengan mempertahankan rasa kenyang, juga melancarkan pencernaan sehingga bab lancar tiap hari sehingga proses metabolisme menjadi lebih lancar," ujar Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur kepada detikHealth, baru-baru ini.

Untuk memperoleh manfaat serat tersebut tentunya harus memenuhi kebutuhan serat harian tubuh. Menurut Pedoman Gizi Seimbang yang dikeluarkan oleh Kemenkes RI, rata-rata orang dewasa Indonesia membutuhkan 25-30 gram serat. Angka tersebut dapat dipenuhi dari pemilihan jenis dan jumlah bahan makanan yang tepat.

Salah satu cara untuk memenuhi serat dengan cara yang berbeda juga bisa dilakukan, salah satunya dengan mengonsumsi 2 botol Nutrive FiberShot dapat membantu memenuhi kebutuhan hingga 10 gram serat yang diformulasikan dari 16 sari buah dan sayur. Nutrive FiberShot juga mempunyai rasa yang segar sehingga cara enak penuhi serat. Produk dengan konsep minuman konsentrat tinggi serat (shot) dengan rasa segar ini memberikan cara yang berbeda dan enak dalam memenuhi kebutuhan serat.



Simak Video "Peneliti Klaim Lintah Bisa Bantu Cegah Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)