Jumat, 14 Feb 2020 09:30 WIB

5 Kebiasaan Sehat yang Kalau Berlebihan Jadi Tak Bermanfaat

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Strong Athletic Woman Exercises with Battle Ropes as Part of Her Cross Fitness Gym Workout Routine. Shes Covered in Sweat and Training Takes Place in a Abandoned Factory Remodeled into Gym. Bahkan olahraga jadi tak bermanfaat kalau dilakukan berlebihan (Foto: iStock)
Jakarta -

Agar kesehatan tubuh tetap terjaga, ada berbagai cara yang bisa dilakukan. Mulai dari olahraga hingga mengkonsumsi vitamin.

Tanpa kamu sadari, ada beberapa kebiasaan jika dilakukan secara berlebihan malah akan merusak kesehatan. Bahkan kebiasaan itu yang mungkin sering kamu lakukan setiap hari.

Dikutip dari Times of India, 5 kebiasaan sehat ini malah bisa merusak kesehatan tubuh.

1. Mengkonsumsi vitamin dosis tinggi

Vitamin memang baik untuk kesehatan tubuh. Tapi, sebuah penelitian menunjukkan jika mengkonsumsi empat kali vitamin harian yang berdosis tinggi, bisa menyebabkan kanker.

Akan lebih baik, sebelum mengkonsumsi vitamin agar konsultasi terlebih dulu ke dokter atau ahli vitamin. Jangan lupa konsumsi sesuai dengan anjuran yang diberikan.

2. Menyikat gigi berlebihan

Berapa kali kamu menyikat gigi dalam sehari dan seberapa kuat menggosoknya? Hal seperti ini harus kamu perhatikan dengan baik.

Jika kamu menyikatnya terlalu kuat dan sering, itu akan membuat berbagai permasalahan pada gigi. Hal itu bisa merusak enamel gigi dan mendorong gusi dari tempatnya. Faktanya, 10-20 persen orang melakukan ini tanpa disadari.

Untuk mencegahnya, kamu bisa menggunakan bulu sikat yang lembut, menggosoknya secara pendek dan perlahan di setiap titik gigi, sampai selesai.

3. Terlalu banyak konsumsi serat

Serat memang jadi satu elemen yang diperlukan oleh tubuh, tapi harus dalam takaran yang sesuai. Jika terlalu banyak bisa membuat kamu merasa kembung.

Cukup konsumsi serat dua porsi selama seminggu. Kamu bisa mendapatkannya dengan mengkonsumsi roti gandum dan juga apel.

4. Kebanyakan tidur

Untuk menjaga kebugaran tubuh, tidur yang cukup sangat diperlukan. Dalam sehari, kamu dianjurkan tidur selama 7-8 jam. Tapi, tidur terlalu lama juga punya konsekuensi yang buruk untuk kesehatan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidur lebih dari 9 jam setiap malamnya, dua kali lebih rentan terkena Alzheimer. Selain itu, dampak lainnya malah akan lebih mudah lelah meskipun sudah tidur lama.

5. Olahraga berlebihan

Olahraga adalah aktivitas fisik yang bisa membuat tubuh sehat dan bisa membantu menjaga bentuk tubuh juga. Namun, jika dilakukan secara berlebihan tidak jarang bisa terjadi cedera pada tubuh seperti kram, otot terkilir, bahkan sampai susah untuk bergerak lagi.

Lakukan dengan waktu yang cukup misal 2 kali dalam seminggu, jangan lupa istirahat, dan pemanasan sebelum berolahraga.



Simak Video "Disebut Mampu Bunuh Corona, Berikut Penjelasan Soal Manfaat Berjemur"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)