Jumat, 14 Feb 2020 08:51 WIB

Menkes: WNI yang Diobservasi di Natuna Pulang Besok via Halim

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto menyebut ada 72 kasus hepatitis A di Depok, Jawa Barat. Tiga orang di antaranya dirawat inap di rumah sakit. Menkes Terawan. (Foto: Andhika Prasetya/detikcom)
Jakarta -

Sebanyak 238 WNI dari Wuhan di observasi di Natuna. Setelah melalui masa inkubasi selama 14 hari, mereka akan segera dipulangkan ke tempat tinggalnya masing-masing. Bagaimana rencana pemulangannya?

Menteri KesehatanTerawan Agus Putranto menjelaskan pemulangan akan dilakukan pada 15 Februari 2020, esok hari. Mekanisme pemulangan akan langsung diterbangkan ke Bandara Halim Perdanakusuma.

"Ya, update tetap sama, berakhirnya masa observasi adalah tanggal 15 Februari jam 12 siang. Jadi sesegera mungkin sesudah itu kita dengan ya upacara sedikit lah pelepasan, supaya mereka juga sadar bahwa mereka sudah selesai masa-masa observasinya dan saya akan ke sana.

Terawan mengatakan akan ikut hadir dalam agenda pemulangan WNI di Natuna. Menurutnya, hal ini adalah momen haru bersama ketika mereka sudah melewati masa observasi di Natuna.

"Besok pagi saya akan ke sana ikut menyiapkan melepaskan mereka bagaimana nanti kita bisa melihat haru birunya mereka bahagianya, melihat orang bahagia itu kan kita ikut berbahagia. Apalagi keluarganya nanti yang menerimanya. Apalagi masyarakat sekitarnya yang menerimanya. Wah sungguh mereka semua berbahagia, kangen lah kangen-kangenan," tambahnya.

Terawan juga menegaskan hingga saat ini mereka dalam kondisi sehat. Menurutnya, hal ini berkat doa yang dari seluruh masyarakat Indonesia.

"2 Minggu kita observasi, kan memang terbukti, sampai detik ini saya berbicara ini mereka semua tetap sehat. Kenapa? Karena doa dari seluruh rakyat dan bangsa Indonesia," pungkasnya.



Simak Video "Sebut WNI ABK World Dream 'Duta Imunitas Corona', Menkes Dicibir"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)