Jumat, 14 Feb 2020 16:02 WIB

Valentine Identik dengan Cokelat, Ini Lho Manfaat Mengonsumsinya

Angga Laraspati - detikHealth
kucing makan cokelat Foto: istimewa
Jakarta -

Hari kasih sayang atau Valentine selalu identik dengan hadiah salah satunya dengan memberikan cokelat. Makanan yang juga selalu diminati oleh anak kecil tersebut ternyata memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh lho.

Ya, cokelat atau lebih tepatnya dark chocolate memiliki berbagai manfaat yang baik bagi tubuh. Mengonsumsi cokelat dengan takaran yang cukup diyakini bisa memberi manfaat kesehatan. Cokelat memiliki kandungan seperti antioksidan dan flavonoid yang bisa memberikan perlindungan tubuh yang sehat jika mengonsumsinya pagi hari.

Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur mengatakan dark cokelat mengandung jumlah flavonoid dan polifenol tertinggi, bahkan lebih dari anggur dan teh yang dapat membantu menangkal radikal bebas dan membuang racun dari tubuh manusia secara teratur.

"Selain itu, cokelat juga sering digunakan sebagai obat antidepresi khususnya dark chocolate karena lebih banyak mengandung kakao yang dapat meningkatkan endorphine. Endorphine sendiri merupakan zat yang mampu menciptakan perasaan senang sehingga memberikan rasa tenang dan nyaman bagi yang mengkonsumsinya," jelas dr Muliaman baru-baru ini kepada detikHealth.

Cokelat memang memiliki berbagai manfaat apalagi ditambah dengan mengonsumsi multigrain yang berfungsi untuk menurunkan kolesterol dalam darah. Walau memiliki banyak keuntungan, kebanyakan orang tidak suka mengonsumsi multigrain karena rasanya hambar.

"Multigrain adalah makanan yang menggabungkan beragam jenis beras, gandum, biji-bijian, hingga kacang-kacangan. Inilah yang menjadikan multigrain begitu menyehatkan, sebab campuran dari gandum dan biji-bijian tersebut mengandung banyak gizi dan nutrisi yang baik bagi tubuh," tutur dr Muliaman.

Kamu pun bisa memberikan cokelat dan juga multigrain di Hari Valentine salah satunya adalah camilan Fitbar rasa cokelat yang memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan karena terbuat dari multigrain dan memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh. Hanya mengandung 90 kkal per saji, Fitbar terdiri dari tiga varian rasa, yakni Chocolate Fitbar, Fruits Fitbar, dan Nuts Fitbar dan yang terbaru Fitbar Tiramisu dengan ekstrak biji kopi asli.

(prf/up)