Jumat, 14 Feb 2020 16:31 WIB

Kenali Gejala Virus Corona pada Si Kecil dan Pencegahannya

Akfa Nasrulhak - detikHealth
Kalbe Foto: shutterstock
Jakarta -

Virus Corona COVID-19 sudah menyerang ribuan orang membuat kita harus lebih waspada. Meski belum mewabah di Indonesia, namun tak ada salahnya mengantisipasi lebih dini. South China Morning Post (SCMP) melaporkan terdapat dua bayi yang dipastikan positif mengidap virus Corona pada 30 jam usai kelahiran mereka. Hal ini tentu membuat khawatir para ibu.

Untuk mengantisipasi adanya virus corona di lingkungan sekitar, ada gejala yang bisa dikenali dari orang yang terinfeksi, yaitu munculnya gejala flu, seperti hidung berair, sakit kepala, batuk, nyeri tenggorokan, dan demam, atau gejala penyakit infeksi pernapasan berat, seperti demam tinggi, batuk berdahak bahkan berdarah, sesak napas, dan nyeri dada. Menurut penelitian, gejala infeksi virus Corona muncul dalam 2 hari sampai 2 minggu setelah paparan virus Corona.

Virus Corona bisa menginfeksi siapa saja. Namun, tentunya penyebaran virus lebih berisiko menyerang orang yang sedang sakit atau yang memiliki kekebalan tubuh lemah, termasuk bagi anak-anak berusia di bawah 2 tahun yang memang memiliki imunitas tubuh yang rendah.Kebanyakan virus Corona menyebar seperti virus influenza pada umumnya. Coronavirus menyebar melalui batuk dan bersin mereka yang terinfeksi. Penyebaran juga bisa terjadi lewat sentuhan tangan, wajah, dan pegangan pintu atau bagian lain yang umum disentuh.

Untuk mengantisipasi Si Kecil agar tidak terpapar virus corona, biasakan untuk memberikan asupan buah yang juga terbukti dapat meningkatkan daya tahan tubuh Si Kecil. Hal itu karena buah mengandung sejumlah vitamin, mineral, dan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh Si Kecil.

Antioksidan dapat membantu sistem kekebalan tubuh mencegah dan melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan virus berbahaya. Jika Si Kecil menderita penyakit ringan seperti flu misalnya, antioksidan bisa membantu meringankan gejala dan juga mempercepat pemulihan Anda.

Namun, untuk memberikan asupan buah pada anak memang perlu trik khusus. Agar Si Kecil gampang makan buah, Anda bisa menyiasatinya dengan berbagai cara, seperti mencampurkan buah pada makanan puding buah yang dilengkapi saus vanila, hingga dibuat menjadi smoothies.

Pemberian buah pada anak biasanya untuk snacking makanan tambahan buka. Sebagai makanan utama karena buah lebih banyak mengandung karbohidrat dan nutrisi mikro vitamin dan mineral. Pada bayi di bawah 1 tahun yang belum bisa diberikan buah segar atau potong karena saluran cernanya belum siap, namun bisa dicoba untuk diberikan buah yang dihaluskan/puree.

Anda bisa memberikan buah yang dihaluskan atau puree seperti Milna Nature Delight. Puree buah ini dibuat dari buah pilihan, tanpa tambahan gula dan pengawet, serta rasanya nikmat. Jadi, segera kenalkan buah pada anak sejak dini demi menjaga daya tahan tubuh serta tumbuh kembangnya semakin maksimal.



Simak Video "Peneliti Klaim Lintah Bisa Bantu Cegah Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/up)