Minggu, 16 Feb 2020 05:30 WIB

Round Up

Menkes Terawan dan Doa Penangkal Virus Corona Masuk Indonesia

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
menkes terawan natuna Soal virus corona, Menkes Terawan konsisten menyinggung pentingnya doa (Foto: Firdaus Anwar/detikHealth)
Jakarta -

Wabah virus corona jenis baru yaitu COVID-19 telah menewaskan lebih dari 1.500 jiwa. Meski begitu, hingga saat ini belum ada kasus yang terkonfirmasi positif COVID-19 di Indonesia.

Menteri Kesehatan RI, Agus Terawan Putranto, dalam berbagai kesempatan konsisten menyinggung pentingnya doa dalam menghadapi ancaman virus corona. Tentunya didukung dengan kewaspadaan dan kesiapsiagaan di pintu masuk negara lewat thermal scanner dan Health Alert Card.

Pernyataan Menkes Terawan tentang doa antara lain terlontar saat menanggapi riset ilmuwan Harvard University soal prediksi virus corona di berbagai negara, termasuk Indonesia. Menurut riset tersebut, seharusnya sudah ada beberapa kasus positif, meski faktanya belum ada yang terkonfirmasi.

"Perkara Indonesia tidak ada, ya itu berkat Yang Maha Kuasa. Menurut saya, ya doa kita semua. Kita tidak mengharapkan untuk ada. Dan kita terus berdoa jangan ada 'mampir' ke Indonesia. Dan kita melakukan pemeriksaan dengan ketat dan sesuai standar," ujar mantan Kepala RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, ini.

Dalam jumpa pers menyambut kedatangan para WNI yang selesai menjalani observasi atau karantina virus corona di Halim Perdanakusuma, Menkes Terawan juga menyampaikan hal serupa. Lagi-lagi, ia mengaitkan doa dengan tidak adanya kasus positif virus corona COVID-19 di Indonesia.

"Saya yakin doalah yang membuat kita begitu," tegas Menkes Terawan.



Simak Video "WHO Kunjungi China Pekan Ini untuk Telusuri Asal COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)