Minggu, 16 Feb 2020 05:50 WIB

Ngehits Gegara Lucinta Luna, Tramadol Jadi Fokus BNN di Samping Ganja-Sabu

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Lucinta Luna telah ditetapkan sebagai tersangka kasus narkoba oleh Polda Metro Jaya, Rabu (12/2/2020). Tramadol banyak diperbincangkan belakangan ini terkait penyalahgunaan obat terlarang (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Beberapa hari yang lalu, artis Lucinta Luna ditangkap polisi terkait dugaan penyalahgunaan obat terlarang. Dari Lucinta, polisi menyita ekstasi, riklona dan tramadol.

Kepala BNN (Badan Narkotika Nasional) Heru Winarko mengatakan tramadol sebenarnya kerap diresepkan dokter sebagai pereda nyeri. Obat ini termasuk salah satu jenis obat yang sering disalahgunakan pemakaiannya.

"Yang paling sering disalahgunakan itu tramadol seperti yang dipakai LL, itu yang sebenarnya jadi fokus kita selain ganja dan sabu," katanya saat dijumpai di Kantor BNN Pusat, Cawang, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Tramadol dalam Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) masuk dalam kriteria Obat-obat Tertentu yang Sering Disalahgunakan. Obat ini tidak termasuk dalam golongan narkotika maupaun psikotropika, namun bekerja di sistem saraf pusat dan berisiko menyebabkan ketergantungan.

"Memang obat yang bisa ditemukan di apotek tapi harus dengan resep dokter. Berarti nanti pengawasan di toko obat kami perketat. Kami bekerjasama dengan BPOM untuk mengawasi toko obat," pungkasnya.



Simak Video "Dipakai Lucinta Luna, Bolehkah Tramadol dan Riklona Dikonsumsi?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)