Minggu, 16 Feb 2020 13:50 WIB

258 Penumpang yang Dikarantina di Kapal Pesiar Jepang Positif Virus Corona

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Kapal pesiar Diamond Princess masih dikarantina di Jepang akibat wabah virus corona. Yuk lihat aktivitas para penumpang kapal pesiar tersebut. Kapal pesiar Diamond Princess menjalani karantina terkait virus corona COVID-19 (Foto: AP Photo/Jae C Hong.)
Jakarta -

Sebanyak 258 dari 3.711 penumpang kapal pesiar Diamond Princess dikabarkan positif terkena COVID-19. Kapal tersebut saat ini tengah dikarantina, dan direncanakan usai pada 19 Februari mendatang.

Sebelumnya, kapal pesiar ini dikarantina setelah seorang penumpang yang turun di Hong Kong terdeteksi positif mengidap virus corona COVID-19. Akibatnya, seluruh penumpang kapal harus menjalani karantina selama 2 minggu terhitung sejak waktu pelayaran pertama mereka.

Sementara itu, dalam kapal tersebut, ada sebanyak 78 WNI yang menjadi Anak Buah Kapal (ABK). Mereka dikabarkan dalam kondisi sehat dan tidak terinfeksi COVID-19.

Kapten kapal pada (15/2/2020) mengumumkan kemungkinan para penumpang akan dites ulang untuk memastikan apakah mereka benar-benar negatif. Mereka yang dinyatakan negatif, rencananya akan bisa meninggalkan kapal pada (21/2/2020).

Namun para kru baru akan melakukan karantina setelah penumpang yang dinyatakan negatif diperbolehkan meninggalkan kapal. Meski begitu, belum diketahui pasti berapa lama masa karantina yang ditetapkan untuk para kru kapal.

Para penumpang diketahui banyak menghabiskan waktu di dalam kamar. Mereka juga diimbau untuk tetap menjaga jarak dengan penumpang lain saat akan pergi ke dek kapal.



Simak Video "Satgas Covid-19: Jangan Ada Tawar-menawar Tidak Karantina!"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)