Minggu, 16 Feb 2020 20:00 WIB

Terpopuler Sepekan: Benarkah Orang Indonesia 'Kebal' Virus Corona?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
ilustrasi kerokan Disebut-sebut kerokan jadi salah satu rahasia orang Indonesia 'resisten' terhadap virus corona COVID-19(Foto: iStock)
Jakarta -

Sudah banyak korban tewas akibat virus corona jenis baru yaitu COVID-19 di beberapa negara. Bahkan data terakhir menunjukkan, saat ini lebih dari 1.500 orang di seluruh dunia tewas akibat terinfeksi COVID-19. Bagaimana dengan Indonesia?

Faktanya, di Indonesia belum ada satupun kasus yang terkonfirmasi positif COVID-19. Beberapa alasan sempat disebut menjadi faktor terkait hal ini. Salah satunya, soal 'kekebalan' dan imunitas orang Indonesia.

dr Anung Sugihantono, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan, mengungkap alasan tersebut logis jika melihat kasus 78 WNI yang dinyatakan negatif virus corona COVID-19, saat berada di kapal Diamond Princess, Jepang, yang tengah dikarantina.

"Ini mungkin ya, karena ilmiahnya masih harus dibuktikan. Mungkin memang kita mempunyai kekebalan tertentu pada penyakit tertentu. Imunitas kita berbeda pada penyakit tertentu," katanya pada wartawan beberapa waktu lalu.

Menurut dr Anung, di dalam kapal pesiar Jepang tersebut memiliki risiko tertular yang cukup tinggi. Karena selain banyak yang terinfeksi COVID-19, beberapa orang juga melakukan kontak langsung dengan yang terinfeksi dalam tugasnya saat melayani, contohnya seperti waitress. Ada risiko yang lebih besar untuk tertular. Namun faktanya, 78 WNI di kapal tersebut dalam keadaan sehat, dan tidak terinfeksi COVID-19.



Simak Video "WHO Belum Bisa Prediksi Penyebaran COVID-19 ke Depannya"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)