Senin, 17 Feb 2020 07:57 WIB

Musisi Elton John Terserang 'Walking Pneumonia', Penyakit Apa Itu?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
NEW YORK, NY - JANUARY 28:  Recording artist Sir Elton John performs onstage during the 60th Annual GRAMMY Awards at Madison Square Garden on January 28, 2018 in New York City.  (Photo by Kevin Winter/Getty Images for NARAS) Musisi legendaris Elton John terserang walking pneumonia (Foto: Kevin Winter/Getty Images for NARAS)
Jakarta -

Musisi legendaris Elton John baru-baru ini harus menghentikan konsernya karena kehilangan suara. Lewat Instagram, ia mengaku terserang walking pneumonia.

"Saya didiagnosis walking pneumonia hari ini," kata Elton di Instagram.

Video yang diunggah seorang fans menunjukkan Elton berdiri dari piano, lalu merentangkan tangan di tengah konsernya di Auckland, New Zealand. Ekspresinya tampak sedih saat dipandu meninggalkan panggung.

Dikutip dari Healthline, walking pneumonia adalah infeksi bakteri Mycoplasma pneumoniae yang menyerang saluran napas bagian atas dan bawah. Disebut juga atipikal pneumonia karena biasanya tidak separah pneumonia pada umumnya, dan biasanya tidak sampai harus dirawat di rumah sakit.

Gejalanya digambarkan hanya mirip pilek atau common cold dan biasanya tidak membutuhkan perawatan di rumah sakit. Beberapa orang bahkan tidak menyadarinya sebagai pneumonia.

Beberapa gejala yang bisa dikenali antara lain:

- Nyeri tenggorokan
- Radang di saluran napas
- Batuk kering yang tak mereda
- Sakit kepala.

Gejala bisa bervariasi tergantung lokasi infeksi. Sebagai contoh, infeksi di saluran pernapasan atas menyebabkan susah bernapas, sedangkan pada saluran bawah bisa memicu mual muntah, atau sakit perut.



Simak Video "Taiwan Desak China Beberkan Detail Wabah Virus Korona Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)