Senin, 17 Feb 2020 11:01 WIB

Kasus Meningkat, WHO Tegaskan Tak Bisa Prediksi Penyebaran COVID-19

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Ganasnya virus corona menambah jumlah korban jiwa menjadi 1.113 orang di China pada Rabu (12/2). Berikut foto-foto ketatnya penanganan medis yang dilakukan. Penularan virus corona COVID-19 masih terus terjadi (Foto: AP Photo)
Jakarta -

Sejak akhir Desember 2019 lalu, jumlah kasus COVID-19 semakin meningkat. Saat ini, dikutip dari South China Morning Post kasus akibat virus corona mencapai 71.326.

Dengan terus meningkatnya kasus COVID-19 ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan tidak bisa bahkan mustahil untuk memprediksi jalur penyebarannya di masa depan. Hal ini dikatakan pihak WHO pada Minggu (16/2) malam lalu.

Hingga saat ini, pemerinta China masih terus berusaha keras untuk menahan wabah virus corona COVID-19 semakin menyebar. Usaha ini dinilai cukup membantu untuk menahannya.



Mi Feng, juru bicara Komisi Kesehatan Nasional mengatakan sejak 27 Januari lalu sampai Sabtu (15/2) proporsi orang yang terinfeksi menurun, sampai 22 persen. Hal ini dianggap karena keberhasilan dari efek kontrol coronavirus yang dilakukan.

Pemerintah China juga menahan wabah dengan membatasi secara ketat kendaraan yang lalu lalang di Hubei, kecuali petugas kesehatan atau sejenisnya. Bahkan, Kota Xiaogan yang merupakan tetangga Wuhan juga mulai melarang warganya meninggalkan rumah sejak hari Minggu.

Penularan COVID-19 saat ini semakin menyebar ke 25 negara. Menewaskan 1.775 orang, 5 diantaranya terjadi di luar daratan China.

Kabar baiknya, lebih dari 10.000 orang sudah bisa pulih atau sembuh dari infeksi virus tersebut.



Simak Video "WHO: Perlu Bersiap untuk Pandemi Virus Corona COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)