Senin, 17 Feb 2020 15:30 WIB

Tak Hanya Masker dan Desinfektan, Tisu Toilet Juga Ludes Gara-gara Corona

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
ilustrasi toilet Tisu toilet juga ludes gara-gara virus corona. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Ternyata tidak hanya masker, desinfektan, dan hand sanitizer yang jadi primadona saat wabah COVID-19 menyebar. Tisu toilet pun juga ikut diburu dan jadi incaran banyak orang.

Dikutip dari The Guardian, bahkan salah satu geng bersenjata di Hong Kong juga ikut mengincarnya. Karena permintaan yang melonjak, harganya meningkat dan stoknya mulai langka.

Geng tersebut mencuri ratusan gulungan tisu toilet dari seorang sopir truk yang ditahan mereka pada Senin (17/2). Kejadian tersebut terjadi tidak jauh dari supermarket di Mong Kok.


"Seorang petugas pengiriman diancam oleh tiga pria menggunakan pisau. Mereka mengambil ratusan gulungan tisu toilet senilai HK $ 1.000 atau sekitar Rp 1,7 juta rupiah. Hingga saat ini, polisi masih memburu geng tersebut," kata seorang juru bicara polisi.

Melonjaknya pembelian beberapa produk pembersih itu semakin meningkat saat wabah COVID-19 juga meningkat. Selain produk pembersih, beberapa bahan makanan seperti beras pembeliannya juga meningkat.

Namun, pihak berwenang menyanggah informasi itu dan mengatakan pasokan makanan dan alat-alat rumah tangga serta pembersih masih stabil. Menurutnya, lonjakan ini terjadi karena beredarnya rumor atau hoax terkait virus corona melalui media online atau daring yang mendorong kepanikan masyarakat.



Simak Video "Tunda Liburan! Pilih Social Distancing di Tengah Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)