Senin, 17 Feb 2020 17:00 WIB

Lucinta Luna Positif Amphetamin, Obat Apakah Itu?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Lucinta Luna Lucinta Luna positif amphetamin setelah tes darah dan rambut. Foto: Palevi/ detikhot
Jakarta -

Artis kontroversial Lucinta Luna beberapa waktu lalu diamankan oleh Polres Metro Jakarta Barat di apartemennya. Ia beserta 3 temannya juga sejumlah barang bukti ikut diamankan, seperti obat penenang dan ekstasi.

Baru-baru ini, Lucinta telah menjalani tes darah dan rambut. Hasilnya, rambut dan darahnya positif mengandung amfetamin atau amphetamin.

"Iya positif amfetamin," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus, saat dihubungi detikcom, Senin (17/2/2020).

Amphetamin atau dikenal sebagai sabu-sabu adalah sejenis obat stimulan yang bekerja di sistem saraf pusat. Efeknya bisa mempercepat sinyal dari otak menuju ke seluruh tubuh.


Beberapa jenis obat ini juga digunakan untuk mengobati ADHD (Attention Deficit and Hyperactivity Disorder) dan narkolepsi.

Dikutip dari Medical News Today, obat ini bisa meningkatkan libido, kesadaran, kontrol kognitif, kekuatan otot, dan mengatasi kelelahan. Ada dua jenis amphetamin, yaitu MDMA (Metil Dioksi Metamfetamin) dan metamfetamin.

MDMA ini biasa dikenal dengan ekstasi, fantacy pils, dan inex. Jika sering menggunakannya, bisa menimbulkan adiksi atau kecanduan.

Jika disalahgunakan, efek sampingnya bisa menyebabkan jantung berdebar, pingsan, stroke, serangan jantung, halusinasi, hingga kematian. Efek lainnya bisa menekan nafsu makan sampai menurunkan berat badan.



Simak Video "Dipakai Lucinta Luna, Bolehkah Tramadol dan Riklona Dikonsumsi?"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)