Selasa, 18 Feb 2020 07:48 WIB

RI Perlu Waspadai Masuknya Virus Corona COVID-19 dari 135 Titik

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Ganasnya virus corona menambah jumlah korban jiwa menjadi 1.113 orang di China pada Rabu (12/2). Berikut foto-foto ketatnya penanganan medis yang dilakukan. Indonesia punya 135 titik masuk yang harus diwaspadai (Foto: AP Photo)
Jakarta -

Memiliki wilayah yang begitu luas dan terdapat 135 titik pintu masuk seperti bandara dan pelabuhan, menjadi tantangan terbesar mencegah masuknya virus corona (COVID-19) ke Indonesia. Lantas bagaimana bila dari sekian banyak titik pintu masuk Indonesia, ternyata ada yang kurang memadai?

Menanggapi hal ini, Guru besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKMUI), Prof dr Ascobat Gani, MPH, DrPH, tidak bisa memastikan titik pintu masuk mana saja yang perlu lebih diperhatikan. Namun ia yakin kantor kesehatan pelabuhan (KKP) yang sudah disediakan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI di setiap bandara dan pelabuhan sudah sesuai standar.

"Kalau ditanya apakah mereka sudah siap? Saya nggak tahu. Tapi saya yakin Kemenkes melakukan pendidikan KKP itu sesuai standar, orangnya, jumlahnya, kemampuannya, kompetensinya dan peralatan saya kira sudah lengkap," kata Prof Ascobat kepada detikcom, Senin (17/2/2020).

Prof Ascobat pun mengaku pernah mengunjungi KKP yang berada di Sorong, Papua Barat, dan menurutnya sudah terlaksana dengan baik.

"Saya terakhir kali melihat KKP di sorong, meski di kawasan terpencil tapi tenaga pekerjanya profesional," ucap Prof Ascobat.

"Harapan saya semuanya akan sesuai standar, kalau bisa diperbanyak. Apalagi kalau nanti harus diperketat pengawasannya," tuturnya.



Simak Video "WHO Kunjungi China Pekan Ini untuk Telusuri Asal COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)