Selasa, 18 Feb 2020 08:00 WIB

Ashraf Sinclair Meninggal, Kenali Pertolongan Pertama Serangan Jantung

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Bunga Citra Lestari dan Ashraf Sinclair di kawasan SCBD Ashraf Sinclair meninggal dunia. (Foto: Ismail/detikHOT)
Jakarta -

Ashraf Sinclair, suami dari penyanyi Bunga Citra Lestari (BCL) meninggal dunia diduga akibat serangan jantung. Serangan jantung merupakan salah satu penyakit mematikan dan bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Untuk meminimalisir kemungkinan lain, kenali pertolongan pertamanya.

Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) dalam sebuah pernyataan menyebut pertolongan pertama serangan jantung yang paling dianjurkan adalah membawa pasien ke rumah sakit sesegera mungkin. Namun dalam kenyataannya akses ke rumah sakit tak selalu mudah.

Bantuan Hidup Dasar (BHD) yang bisa diberikan sembari menunggu pasien tiba di rumah sakit adalah dengan kompresi atau pijat jantung. Teknik ini dilakukan dengan kedua tangan saling bertumpu di tengah dada pasien.

Bisa juga dengan melonggarkan pakaian pasien terlebih dahulu. Dengan pakaian yang lebih longgar, pasien serangan jantung diharapkan bisa bernapas dengan baik.

Diharapkan untuk tidak mengikuti tips mengatasi serangan jantung yang viral di media sosial seperti menepuk-nepuk lengan di tiga titik. Cara tersebut dipastikan tidak tepat bahkan memperlama akses pasien mendapatkan pertolongan medis.

"Jika benar serangan jantung maka ditepuk seperti apapun tidak akan menolong apa-apa. Soal tiga titik yang berhubungan dengan serangan jantung, sebenernya ya seluruh pembuluh darah kita di tangan atau kaki kiri dan kanan juga berhubungan sama jantung," kata ahli jantung dari Siloam Hospital Karawaci, dr Vito A Damay, SpJP(K), MKes, FIHA, FICA.



Simak Video " Aktif Olahraga, Ashraf Sinclair Kantongi Sertifikat Pelatih Crossfit"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)