Selasa, 18 Feb 2020 08:45 WIB

Seperti Ashraf Sinclair, Deretan Tokoh Bugar Ini Juga Kena Serangan Jantung

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ashraf Sinclair Ashraf Sinclair meninggal dunia di usia 40 tahun. (Foto: detikINET/Adi Fida Rahman)
Jakarta -

Aktor sekaligus suami dari penyanyi Bunga Citra Lestrari (BCL), Ashraf Sinclair, meninggal akibat serangan jantung. Ashraf berpulang di usia yang terbilang cukup muda yakni 40 tahun.

Dahulu sering dikaitkan dengan penyakit orang tua, serangan jantung ternyata bisa dialami oleh siapa saja bahkan mereka yang berusia muda dan memiliki tubuh bugar. Ashraf sendiri dikenal rajin berolahraga yang membuat kabar meninggalnya makin mengejutkan.

Selain Ashraf Sinclair, berikut beberapa tokoh dunia yang mengalami masalah jantung di usia muda meski sehari-harinya biasa hidup sehat.

1. Adjie Masaid

Aktor dan politisi Adjie Massaid meninggal dunia karena serangan jantung pada 5 Februari 2011 lalu. Tersiar kabar bahwa Adjie meninggal setelah bermain futsal.

"(Penyebab-- red) kena serangan jantung. Sempat mengeluh sakit jantung sebelum meninggal," ujar Sekretaris Partai Demokrat Saan Mustopa kepada detikhot, Sabtu (5/2/2011).

2. Erik Dwi Ermawansyah

Atlet muda PSIS Semarang, Erik Dwi Ermawansyah, meninggal dunia pada Januari 2019 silam. Erik dikabarkan meninggal dunia setelah mengalami serangan jantung di usianya yang baru 22 tahun.

Serangan jantung pada usia muda yang berakhir kematian tiba-tiba, berbeda dengan gangguan serupa pada lansia. Penyakit jantung pada lansia biasanya diawali gangguan pada pembuluh darah. Pada usia muda, gangguan diakibatkan abnormalitas jantung yang tidak terdeteksi.

3. Eri Irianto

Kala itu, legenda sepak bola Eri Irianto tampil memperkuat Persebaya Surabaya melawan PSIM Yogayakarta di Gelora 10 November. Ia meninggal dunia pada 3 April 2000 karena serangan jantung setelah mengalami benturan dengan pemain PSIM Yogyakarta asal Gabon, Samson Noujine Kinga, di tengah pertandingan antara kedua kubu.

Eri sempat dibawa ke Rumah Sakit Dokter Soetomo sebelum menghembuskan napas terakhirnya. Untuk menghormati jasa dan kenangan indah bersama Eri, Persebaya mempensiunkan nomor punggung 19 miliknya.

4. Antonio Puerta

Pemain internasional Spanyol, Antonio Puerta, tak sadarkan diri saat bertanding melawan Getafe dalam lanjutan Liga Spanyol. Dikabarkan, ia beberapa kali mengalami penghentian kerja jantung atau cardiac arrest.

"Kami menyesal melaporkan bahwa pasien Antonio Puerta meninggal pada 1430 (3:30 waktu Inggris) hari ini. Kematian itu disebabkan oleh postanoxic encephalopathy dan beberapa kegagalan organ-organnya disebabkan oleh serangan jantung yang berkepanjangan yang memicu masuknya ke rumah sakit," jelas rumah sakit dalam sebuah pernyataan.


Tonton video 'Kenali Serangan Jantung yang Dialami Ashraf Sinclair' di sini:

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video " Aktif Olahraga, Ashraf Sinclair Kantongi Sertifikat Pelatih Crossfit"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)