Selasa, 18 Feb 2020 12:17 WIB

Dialami Ashraf Sinclair, Kenapa Serangan Jantung Sering Terjadi Pagi Hari?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
momen manis BCL dan Ashraf Sinclair Momen manis BCL dan Ashraf. (Foto: Instagram @bclsinclair)
Jakarta -

Kabar duka datang dari penyanyi Bunga Citra Lestari. Suaminya, Ashraf Sinclair, meninggal dunia karena serangan jantung. Dikabarkan, Ashraf tutup usia pada pukul 04.51 WIB.

Serangan jantung adalah kondisi yang sangat mungkin terjadi kapan saja. Namun menurut studi, diketahui serangan jantung lebih sering terjadi pada pukul 6 pagi hingga 12 siang.

"Serangan jantung dan semua kegawatdaruratan kardiovaskular termasuk kematian mendadak akibat penyakit jantung dan stroke, banyak terjadi di pagi hari, terutama tepat saat bangun tidur," tutur Dr Adolfo Bellosillo, kepala Makati Medical Center's Cardiac Rehabilitation and Preventive Cardiology Unit, dikutip dari Business Inquiries.

Saat bangun tidur dan memulai aktivitas harian, tekanan darah sistolik dan denyut jantung menunjukkan lonjakan di jam-jam awal di pagi hari. Kemampuan pembuluh darah untuk melebar sebagai respons dari meningkatnya aliran darah terganggu, dan kemungkinan besar gumpalan darah terbentuk dan akan sulit untuk memecahnya.

Kardiolog dari RS Jantung Nasional Harapan Kita Jakarta, dr Siska Suridanda Danny SpJP(K), juga menyebytkan fenomena serangan jantung yang sering terjadi di pagi hari terjadi karena tubuh mengeluarkan irama sirkadian.

"Kenapa sering terjadi di pagi hari, karena memang penelitiannya menyatakan demikian, bahwa tubuh manusia ada yang namanya irama sirkadian, jadi di pagi hari itu hormon energik, yang membuat kita bergerak, membuat kita aktif naik kadarnya," ujar dr Siska.

Dilaporkan juga bahwa serangan jantung di pagi hari lebih berbahaya daripada waktu lainnya. Pasien yang mengalami serangan jantung antara waktu tersebut mengalami kerusakan otot jantung lima kali lebih besar.

Oleh karena itu sangat pentung untuk mengenali tanda-tanga serangan jantung. Tanda yang khas misal rasa sakit di dada seperti diremas, ditimpa, atau ditekan. Rasa sakit ini kadang menjalar hingga lengan kiri sehingga muncul sensasi kebas, punggung dan rahang terasa kaku, dan keringat yang sampai membasahi tubuh pasien.



Simak Video " Aktif Olahraga, Ashraf Sinclair Kantongi Sertifikat Pelatih Crossfit"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)