Selasa, 18 Feb 2020 14:00 WIB

3 dari 78 WNI yang Ada di Kapal Pesiar Jepang Positif Corona

Lisye Sri Rahayu - detikHealth
Kapal pesiar Diamond Princess masih dikarantina di Jepang akibat wabah virus corona. Yuk lihat aktivitas para penumpang kapal pesiar tersebut. 3 WNI di kapal pesiar Diamond Princess positif virus corona. (Foto: AP Photo/Jae C Hong)
Jakarta -

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan 3 WNI dari 78 WNI yang berada di Kapal Diamond Princess di Jepang dinyatakan positif virus corona. Dua di antaranya dilarikan ke rumah sakit di Kota Chiba.

"Saya juga menyampaikan beberapa update terkait dengan kru kita yang ada di dalam kapal tersebut. Berdasarkan komunikasi kita terakhir termasuk pembicaraan dengan duta besar Jepang maka diperoleh informasi bahwa 3 dari 78 kru WNI dinyatakan confirmed. Nah 3 WNI tersebut adalah dari total 446 per saat ini yang dinyatakan confirmed," ujar Retno di Kemlu, Jalan Taman Pejambon, Jakarta Pusat, Selasa (18/2/2020).

Retno mengatakan total penumpang yang ada di kapal tersebut adalah 3.711. Sementara mereka berasal dari 56 negara.

Begini Cara 78 WNI di Kapal Pesiar Jepang Agar Tak Terinfeksi Virus Corona "Dapat saya sampaikan bahwa total orang yang ada di dalam kapal tersebut jumlahnya adalah 3.711 yang terdiri dari penumpang jumlahnya 2.666 sementara krunya adalah 1.045 dari 56 negara," kata dia.

Retno mengatakan 2 WNI yang dinyatakan positif corona itu dibawa ke rumah sakit di Kota Chiba. Sementara satu orang lainnya masih menjalani proses menuju rumah sakit.

"Dari 3 WNI yang sudah dinyatakan confirmed tersebut 2 di anataranya dibawa ke rumah sakit di Kota Chiba sementara yang satunya sedang menjalani proses untuk menuju rumah sakit. Sehingga per detik ini saya belum dapat menyampaikan satu WNI dibawa ke RS mana," jelas Retno.

Menlu Pastikan 78 WNI Tak Perlu Diobservasi Usai Karantina dari Kapal Pesiar Retno mengatakan tim KBRI yang berada di Jepang sudah berada di Chiba. Retno mengatakan bahwa KBRI akan memastikan bahwa ketiga WNI itu akan mendapatkan penanganan yang baik.

"Tim KBRI mungkin saat ini sudah berada di Chiba pagi tadi mereka sedang menuju ke Chiba untuk memastikan bahwa WNI kita mendapatkan penanganan yang baik dari otoritas di Jepang," tutur Retno.

Diketahui sebanyak 78 WNI yang menjadi kru Kapal Diamond Princess dikarantina di Jepang. Dijadwalkan masa karantina akan selesai Rabu (19/2) besok.



Simak Video "Kenali Gejala Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(lir/gbr)