Selasa, 18 Feb 2020 14:37 WIB

Meninggalnya Ashraf Sinclair, Waspada Serangan Jantung Diam-diam

Angga Laraspati - detikHealth
Ashraf Sinclair Foto: Detikcom/Gus Mun/detikHOT
Jakarta -

Berita duka kembali datang dari dunia hiburan Tanah Air. Suami musisi sekaligus aktris ternama Bunga Citra Lestari (BCL), Ashraf Sinclair meninggal dunia. Menurut informasi yang beredar, aktor berumur 40 tahun ini meninggal sekitar pukul 04.51 WIB pagi tadi akibat serangan jantung.

Para kerabat dari Ashraf pun mengklaim bahwa Ashraf semasa hidupnya tidak memiliki riwayat penyakit jantung dan cenderung hidup sehat. Pertanyaannya apakah penyakit jantung bisa menyerang secara diam-diam tanpa menunjukkan gejala sakit jantung pada umumnya?

Dilansir dari website resmi Harvard Health Publishing, ternyata penyakit jantung bisa menyerang diam-diam tanpa disadari. Serangan jantung seperti ini disebut dengan Silent Myocardial Infarction (SMI) yang kebanyakan menyerang 45% pria dibandingkan dengan wanita.

Disebut menyerang diam-diam karena gejalanya tak terlihat seperti penyakit jantung. Pada penderita penyakit jantung biasanya mengalami nyeri pada dada dengan tekanan yang ekstrem, rasa menusuk dan sakit di lengan, leher atau rahang, napas yang pendek secara tiba-tiba, mudah berkeringat dan pusing.

"Gejala SMI biasanya sangat tidak terlihat dan singkat. Biasanya penderitanya tidak menyadari dan bingung makanya mereka mengabaikannya," kata Direktur Program Pencegahan Penyakit Pembuluh Darah Dr Jorge Plutzky dari Rumah Sakit Brigham yang berafiliasi dengan Harvard.

Menurut Plutzky, mereka biasanya hanya merasa tak enak badan karena letih bekerja atau kurang tidur. Bahkan karena gejalanya disertai dengan sakit tenggorokan dan pencernaan, mereka mengira itu hanya maag atau gangguan pencernaan. Lokasi nyeri jantungnya pun biasanya ada di tengah dada, bukan di sisi kiri dada, seperti sakit jantung pada umumnya.

"Mereka biasanya merasa baik-baik saja selama SMI dan membuat mereka abai terhadap tanda awalnya," tambahnya.

Bahkan ada ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh Journal of the American Medical Association pada 15 Nov 2015 menyebutkan 80% dari orang-orang tersebut tidak mengetahui bahwa mereka mempunyai penyakit jantung. SMI dan serangan jantung reguler sebenarnya memiliki penyebab yang sama yaitu merokok, kelebihan berat badan, kurang olahraga, tekanan darah tinggi, kadar kolesterol tinggi, dan diabetes.

Metode untuk mendeteksi penyakit jantung jenis SMI ini adalah dengan menggunakan elektrokardiogram (EKG) atau ekokardiogram yang dapat menyoroti kerusakan otot jantung. Metode lainnya adalah dengan tes darah untuk melihat molekuler Troponin T atau sel yang dilepaskan oleh jantung.

Setelah diagnosis telah dilakukan, dokter akan memberikan berbagai saran seperti olahraga yang tepat untuk jantung, mengubah diet atau bahkan mengonsumsi obat-obatan bila itu diperlukan. Singkatnya, jika mempunyai gejala seperti ini, sebaiknya segera periksa ke dokter. Pertama, rasa tak nyaman di tengah dada yang berlangsung beberapa menit lalu dengan rasa sakit yang datang dan pergi. Rasa tidak nyaman di dada bisa berupa tekanan atau nyeri.

Kedua, tidak nyaman di bagian atas tubuh, seperti lengan, punggung, leher, rahang dan perut. Ketiga, nafas yang pendek sebelum muncul rasa tak nyaman di dada. Keempat, muncul keringat dingin, merasa mual dan pusing.

Selain berkunjung ke dokter, Anda bisa melakukan berbagai cara pencegahan, seperti olahraga, mempunyai pola hidup yang sehat, dan tidak makan makanan yang tinggi kolesterol jahat. Selain itu, ada satu lagi cara untuk mencegah penyakit jantung tersebut menyerang kita yaitu dengan mengonsumsi dengan minum Nestle ACTICOR.

Nestle ACTICOR merupakan minuman mengandung susu dengan serat pangan larut Beta Glucan dan Inulin. Kandungan ini teruji klinis mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang merupakan faktor risiko penyakit jantung.

Beta Glucan dan Inulin juga mampu memperbaiki profil LIPID dengan mempengaruhi LIPID dan asam empedu. Nestle ACTICOR juga terbuat dari bahan alami, rendah lemak dan rasanya pun sangat enak. Ada 4 varian rasa, antara lain avocado, chocolate, green-tea latte, dan banana. Tak hanya itu, Nestle ACTICOR juga bisa menjadi sumber vitamin B1 dan B2. Nestle ACTICOR baik dikonsumsi oleh orang dewasa (lebih dari 18 tahun) yang peduli akan kesehatan tubuh.

Buat kamu yang suka minuman dingin, Nestle ACTICOR juga bisa dikonsumsi dikombinasikan dengan es batu atau diminum dalam kondisi dingin. Untuk hasil yang optimal, Nestle ACTICOR dianjurkan untuk diminum 2x sehari setelah makan.

Dengan Nestle ACTICOR, kamu bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Jika kolesterol jahat turun, maka akan mengurangi risiko terkena penyakit kolesterol yang jadi pemicu penyakit jantung selain stres. Mulai hari ini, yuk minum Nestle ACTICOR setiap hari.



Simak Video "Memasuki Usia 20-an, Seberapa Sering Harus Cek Kolesterol?"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mpr)