Rabu, 19 Feb 2020 07:00 WIB

Tips Berenti Merokok yang Efektif Menurut Sains

Yovini Erfan Eke Lamawato - detikHealth
cigarette, tobacco and stop message isolated on wood background close up shot Ada banyak cara untuk berhenti merokok (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Kecanduan rokok bisa saja terjadi pada setiap orang, sama halnya dengan alkohol. Beberapa orang mengisap rokok dengan alasan melepas stres atau menghilangkan depresi. Beberapa lainnya merokok karena tekanan dari teman-teman.

Terlepas dari alasan itu semua, rokok memberikan dampak yang tidak baik bagi kesehatan tubuh. Mengutip Medicaldaily, ada berbagai cara menurut pandangan sains agar orang dapat berhenti merokok.

Ketekunan menjadi penting. Mereka yang berhenti merokok pada akhirnya adalah mereka yang selalu berusaha dan bekerja keras. Meskipun banyak upaya yang gagal tetapi motivasi awal untuk berhenti menjadi kunci.

Kemudian ada perencanaan yang menjadi penting juga. Walaupun setiap yang kita lakukan harus direncanakan terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Ada juga bukti yang jelas mengatakan bahwa perubahan yang tidak terencana dapat berhasil.

Banyak orang sering kali mengalami beberapa kesalahan dan bisa membuat Anda menyerah dan merasa bahwa Anda gagal. Melihat dari perspektif berbeda dapat membantu Anda untuk mendapatkan wawasan baru dan merefleksikan kemajuan Anda.

Apa yang anda capai dan yang gagal menjadi suatu pembelajaran untuk terus bergerak maju. Oleh karena itu, hal ini menjadi penting dalam mengubah sifat lama yang sulit diakui dengan sendirinya.

Selalu percaya pada diri sendiri menjadi peran yang besar dalam setiap perubahan. Kemudian beberapa afirmasi dari orang lain berdampak besar terhadap suatu perubahan meskipun kecil.

Jadi, jika hendak ingin berubah bertemanlah dengan orang yang mendukung Anda, serta mencoba menjadi orang yang berpikiran terbuka.



Simak Video "Perokok Pasif Juga Lebih Rentan Terinfeksi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)