Rabu, 19 Feb 2020 08:04 WIB

Sering Minder Akibat Bau Kaki? Dokter Ungkap Penyebab Sesungguhnya

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Bau kaki Bau kaki bikin nggak pede dan kaki nggak nyaman seharian. (Foto: shutterstock)
Jakarta -

Sering merasa malu akibat bau kaki yang tak sedap? Jangan minder kalau ini terjadi pada kamu, sebab hampir setiap orang mungkin pernah merasakan hal yang sama.

Dikutip dari PureWow, seorang podiatrist (ahli penyakit kaki), Dr Miguel Cunha mengatakan bau kaki yang tak sedap bisa disebabkan oleh kurangnya ventilasi pada sepatu yang dikenakan.

"Bau kaki bisa disebabkan karena kurangnya ventilasi di sepatu kamu, sehingga keringat pada kaki tidak bisa menguap dengan baik," kata Cunha.

Menurutnya keringat yang keluar dari tubuh tak akan menyebabkan bau, tetapi bakteri pada permukaan kulit lah yang membuat aroma kaki menjadi tak sedap.

"Bakteri kulit ini memecah keringat di tubuh kita, sehingga menghasilkan asam isovaleric yang menyebabkan kaki menjadi bau," jelas Cunha.

Cunha pun menyarankan untuk mencuci kaki dengan sabun antibakteri sekali sehari, terutama pada sela-sela jari kaki dan jangan lupa untuk dikeringkan terlebih dahulu sebelum beraktivitas. Tak hanya itu, sepatu yang terbuat dari kulit atau kanvas lebih dianjurkan untuk dikenakan, karena memiliki ventilasi yang lebih baik daripada sepatu plastik atau karet.



Simak Video "Sejarah Pandemi Dunia: Apakah COVID-19 yang Terparah?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)