Rabu, 19 Feb 2020 09:31 WIB

Konsumsi Makanan Ini Bisa Cegah Penyakit Jantung Lho

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Cegah Serangan Jantung Makanan untuk menjaga kesehatan jantung. (Foto: iStock)
Jakarta -

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit tidak menular yang mematikan. Terkadang, ciri-ciri atau gejalanya tidak terlihat maupun dirasakan.

Tidak hanya yang lanjut usia, para generasi milenial atau anak-anak muda juga rentan lho. Kebiasaan konsumsi makanan instan terkadang mempercepat penyakit ini muncul.

Dikutip dari berbagai sumber, kalian bisa mencegahnya dengan mengkonsumsi makanan-makanan sebagai berikut.

1. Alpukat

Buah yang mengandung lemak tak jenuh ini ternyata sehat untuk jantung. Kandungan kalium yang ada di dalamnya baik untuk kesehatan jantung. Mengkonsumsi satu buah alpukat bisa memenuhi kebutuhan kalium tubuh perhari sebanyak 28 persen.

2. Tomat

Tomat itu kaya akan likopen dan antioksidan yang bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, tomat juga bisa meningkatkan kadar kolesterol baik dan membersihkan plak di pembuluh darah yang bantu cegah penyakit jantung.

3. Telur

Selain mengandung protein, telur juga ternyata baik untuk jantung. Mengonsumsi telur setiap hari sangat erat kaitannya dengan risiko penyakit jantung yang rendah.

4. Bayam

Daun-daun atau sayuran hijau dikenal baik untuk kesehatan jantung, termasuk salah satunya bayam. Selain mengandung vitamin K, bayam juga mengandung nitrat. Keduanya berfungsi menjaga jantung, melindungi arteri, dan mengurangi tekanan pada darah.

5. Ikan sarden

Ikan sarden mengandung banyak asam lemak dan omega-3 yang bisa menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol. Kandungan vitamin B12 yang ada di dalamnya juga mampu menjaga kadar homocysteine, yaitu hormon penyebab kerusakan dinding arteri dan membuatnya seimbang.



Simak Video "Memasuki Usia 20-an, Seberapa Sering Harus Cek Kolesterol?"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)