Rabu, 19 Feb 2020 10:00 WIB

Wanita 74 Tahun Sembuh dari COVID-19 Setelah Diberikan 'Koktail Thailand'

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
RS Margono Soekarjo Purwokerto mengantisipasi penyebaran virus Corona di wilayah Banyumas. Mereka menggelar simulasi penanganan pasien infeksi virus corona. Pasien COVID-19 sembuh setelah diberi racikan obat. (Foto: Arbi Anugrah)
Jakarta -

Seorang wanita tua warga negara China yang dirawat di Thailand dinyatakan sembuh dari COVID-19. Wanita berusia 74 tahun ini juga diperbolehkan pulang dari Rumah Sakit Rajvithi Bangkok sejak Selasa (18/2) kemarin.

Sebelumnya, dikutip dari Bangkok Post, saat dites ia dikatakan negatif COVID-19. Tapi, gejalanya yang berupa pneumonia semakin parah dan dikhawatirkan akan berkembang statusnya menjadi positif.

Menurut Wakil Menteri Kesehatan Masyarakat Sathit Pitutecha, wanita ini pertama kali diobati dengan dua obat anti-HIV, yaitu lopinavir dan ritonavir selama 5 hari. Karena hasilnya gagal, dokter di rumah sakit tersebut menambahkan oseltamivir. Namun hanya membuatnya pulih sedikit, tanpa menyembuhkannya.

Akhirnya, ia menjadi pasien pertama yang menerima 'koktail Thailand' atau campuran obat-obatan. Campuran obat yang diberikan terdiri dari obat HIV dan flu selama 10 hari. Hasilnya, setelah di tes sebanyak 4 kali baik pneumonia ataupun jejak virus corona lainnya tidak lagi di temukan di tubuhnya.

"Dia sepenuhnya sembuh dari virus corona. Dia akan menjalani pemeriksaan fisik lagi dalam beberapa minggu untuk mencari tahu apakah dia cukup kuat untuk naik pesawat pulang," kata Sathit.

Dr Narong Aphikulvanich, wakil direktur jenderal Departemen Pelayanan Medis, mengatakan 'koktail Thailand' saat ini juga telah diberikan pada 3 WN China dan 1 warga Thailand. Wanita 74 tahun ini jadi salah satu yang boleh pulang, setelah pasien WN China 69 tahun yang dirawat di Central Chest Institute di provinsi Nonthaburi yang dipulangkan.



Simak Video "Tunda Liburan! Pilih Social Distancing di Tengah Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)