Rabu, 19 Feb 2020 13:01 WIB

Australia 'Waspadai' Pendatang RI Soal Corona, Kemenkes: Silakan Saja

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Sosialisasi dan edukasi pencegahan virus corona dilakukan di Stasiun Gambir, Jumat, (31/1/2020). Berikut foto-fotonya. Negara bagian Victoria mewaspadai pendatang dari sejumlah negara termasuk Indonesia (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Departemen Kesehatan negara bagian Victoria akhir pada (15/2/2020) memberikan peringatan pada pendatang-pendatang dari luar negeri. Mengutip ABC, beberapa pendatang yang dilakukan pengetesan klinis berasal dari negara Hong Kong, Jepang, Singapura, Thailand, dan Indonesia.

Menanggapi Indonesia termasuk salah satu negara yang dikategorikan 'people under observation', dr Achmad Yurianto, Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan mengaku tak keberatan. Menurutnya, silahkan saja jika Indonesia merasa perlu dicurigai.

"Iya kalau soal itu karena mereka nggak percaya sama kita kan," tegasnya saat ditemui di Lantai 5, Jiexpo International, Jakarta Pusat, Rabu (18/2/2020).

Ia tidak akan menanggapi lebih lanjut kecurigaan tersebut, karena sampai saat ini Indonesia memang benar-benar belum memiliki kasus virus corona COVID-19. Dicurigai oleh negara orang menurutnya bukan suatu hal yang perlu diperhatikan.

"Iya enggak apa-apa, mengatakan mereka dicurigai karena nggak yakin gapapa, silahkan saja bagi saya nggak ada ruginya dicurigai," katanya kembali menegaskan.



Simak Video "Mengenal 'Remdesivir' yang Digadang Jadi Antivirus Corona 2019-nCoV"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)