Rabu, 19 Feb 2020 14:21 WIB

Viral Obat Isosorbide Dinitrate Buat Jaga-jaga Serangan Jantung

Firdaus Anwar - detikHealth
Viral obat Isosorbide Dinitrate untuk serangan jantung. Viral anjuran beli obat untuk jaga-jaga dari serangan jantung. (Foto: Tangkapan layar Twitter)
Jakarta -

Seiring ramainya berita kematian suami Bunga Citra Lestari, Ashraf Sinclair, di media sosial viral unggahan yang menyarankan netizen untuk membeli obat Isosorbide Dinitrate. Alasannya disebut untuk berjaga-jaga dari serangan jantung.

Berikut kutipan pesan yang viral:

Info dari teman. Teman komunitas saya baru kena serangan jantung, umurnya 52 sih, sebelumnya nggak ada keluhan. Tiba-tiba dia lagi mandi berasa dada seperti tertusuk tombak, terus keringatan sampai basah. Itu kejadian jam 7 malam, terus langsung dibawa ke Daan Mogot dan jam 11 malam dioperasi.

Dokter bilang pertolongan pertama kalau kena serangan buru-buru minum Isosorbide Dinitrate 5 mg. Saya saranin kalian orang beli, taruh di dompet 2 biji aja, selain proteksi buat kita kalau sewaktu-waktu ada apa-apa, mana tau ada orang di sekitar kita juga butuh. Sekian sekilas info semoga bermanfaat.

Terkait hal tersebut spesialis jantung dan pembuluh darah dr Isman Firdaus, SpJP, MD, dari RS Pusat Jantung Nasional Harapan Kita menjelaskan bahwa memang benar Isosorbide Dinitrate bisa dipakai untuk serangan jantung. Namun demikian penggunaannya harus dengan resep dokter.

Bila Isosorbide Dinitrate sembarangan dipakai menurut dr Isman bisa memberikan beberapa efek terhadap tubuh. Salah satunya adalah terjadinya hipotensi alias penurunan tekanan darah.

"Efek samping lainnya adalah terjadi sakit kepala atau pusing akibat turut melebarnya pembuluh darah di kepala. Pemberian obat ini juga tidak direkomendasikan pada pasien yang sedang mengonsumsi obat-obatan disfungsi ereksi golongan sildenafil dan dengan tekanan darah rendah," papar dr Isman beberapa waktu lalu.

Kesimpulannya tidak dianjurkan orang awam sembarangan membeli dan mengonsumsi obat Isosorbide Dinitrate tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.



Simak Video "Mengenal CrossFit, Olahraga yang Digemari Ashraf Sinclair"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)