Rabu, 19 Feb 2020 17:48 WIB

Cara agar Tetap Sehat dan Bugar di Usia 60-an

Angga Laraspati - detikHealth
lansia Foto: shutterstock
Jakarta -

Tubuh manusia memang memiliki batasnya, semakin tua maka tenaga seseorang akan berkurang untuk menopang tubuhnya. Pada umur lanjut atau lansia, kondisi kesehatan pun mulai menurun dari pencernaan hingga recovery tubuh

Bahkan semakin bertambahnya usia, massa otot berkurang dan juga fungsi persendian tidak maksimal. Medical Marketing Manager Kalbe Nutritionals dr Adeline Devita menjelaskan seiring dengan bertambahnya usia, tulang belakang juga mengalami penuaan.

Paling sering ditemukan adalah bantalan sendi tulang belakang yang semakin kehilangan cairan, menjadikan fungsinya sebagai peredam kejut berkurang sehingga meningkatkan cedera tulang belakang juga sakit umumnya sering terasa di lutut, siku, ruas jari, pinggul, leher hingga bahu.

"Hal tersebut dikarenakan mulai dari usia 40 tahun, kita akan kehilangan sekitar 1 persen dari massa otot per tahunnya," jelas dr Adeline kepada detikhealth, Rabu (19/2/2020).

Untuk mengatasi hal tersebut, dr Adeline menyarankan agar melakukan kegiatan fisik untuk meningkatkan massa otot. Namun apabila merasa badan menjadi kurang fleksibel karena bertambahnya usia, maka bisa menambahkan kegiatan yoga ataupun pilates yang dilakukan dalam latihan sehari-hari. Hal tersebut akan membantu meningkatkan fleksibilitas, kekuatan pusat tubuh, keseimbangan dan rentang gerak.

"Bertambahnya usia memang mempengaruhi hampir setiap bagian dalam tubuh, termasuk rambut, kulit, jantung, otot dan organ lainnya. Tetapi jika memiliki gaya hidup yang baik sejak dini dapat menghambat dan mengurangi efek negatif dari penuaan tersebut sehingga aktivitas harian dapat tetap optimal," ungkap dr Adeline.

Lebih lanjut, mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya kalsium sejak dini juga berguna untuk meminimalisir proses degeneratif khususnya untuk sendi dan tulang.

"Selain itu, menjaga postur tubuh agar tulang selalu dalam kondisi yang tepat, konsumsi makanan yang mengandung vitamin D untuk penyerapan kalsium, juga tinggi protein untuk membantu membangun dan memperbaiki jaringan tubuh serta menambah massa otot," ungkap dr Adeline.

Selain tetap berolahraga, mengonsumsi berbagai diet harus dilakukan untuk tetap menjaga kesehatan tubuh, seperti mengonsumsi susu yang kaya dengan mineral, vitamin, dan juga kalsium yaitu Entrasol Senior dapat memperkuat tulang dan meningkatkan massa otot pada usia lanjut.



Simak Video "Veronica Tan Bikin Layanan Homecare untuk Lansia"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mpr)