Rabu, 19 Feb 2020 15:46 WIB

Viral Isosorbide Dinitrate untuk Serangan Jantung, Ini Faktanya

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Hoax or not serangan jantung Informasi tentang isosorbide dinitrat selalu viral setiap kali ada kasus serangan jantung (Foto: Tim Infografis Detikcom)
Jakarta -

Broadcast lama tentang obat jantung kembali beredar tak lama setelah aktor Ashraf Sinclair meninggal dengan dugaan serangan jantung. Disebutkan, pertolongan pertama untuk serangan jantung adalah Isosorbide Dinitrate 5 mg.

"Saya saranin kalian orang beli, taruh di dompet 2 biji aja, selain proteksi buat kita kalau sewaktu-waktu ada apa-apa, mana tau ada orang di sekitar kita juga butuh," demikian tulis pesan tersebut.

Anjuran untuk beli dan menyimpan obat yang kerap disingkat ISDN tersebut lantas jadi perdebatan. Sesuai keterangan dalam kemasan, ISDN termasuk obat keras yang hanya bisa dibeli dengan resep dokter. Artinya, tidak sebarang orang bisa membelinya.

"Tentu sudah pernah kontrol ke dokter spesialis jantung dulu," kata dr Vito A Damay, SpJP, dokter jantung dari Siloam Hospital Karawaci, soal siapa saja yang perlu sedia ISDN setiap saat.

Menurut dr Vito, orang yang mendapat obat tersebut biasanya sudah punya riwayat penyakit jantung atau dicurigai punya masalah jantung. "Contoh misalnya belum kateterisasi atau belum pasang ring, tapi masih ada keluhan dan belum mau untuk pemeriksaan ulang serta banyak faktor faktor lainnya," jelas dr Vito.

Nah, jelas ya. Nggak semua orang harus sedia isosorbide dinitrate karena memang tidak bisa dibeli sembarangan.

Selengkapnya, begini isi broadcast yang sering viral tersebut:

Info dari teman. Teman komunitas saya baru kena serangan jantung, umurnya 52 sih, sebelumnya nggak ada keluhan. Tiba-tiba dia lagi mandi berasa dada seperti tertusuk tombak, terus keringatan sampai basah. Itu kejadian jam 7 malam, terus langsung dibawa ke Daan Mogot dan jam 11 malam dioperasi.

Dokter bilang pertolongan pertama kalau kena serangan buru-buru minum Isosorbide Dinitrate 5 mg. Saya saranin kalian orang beli, taruh di dompet 2 biji aja, selain proteksi buat kita kalau sewaktu-waktu ada apa-apa, mana tau ada orang di sekitar kita juga butuh. Sekian sekilas info semoga bermanfaat.



Simak Video " Aktif Olahraga, Ashraf Sinclair Kantongi Sertifikat Pelatih Crossfit"
[Gambas:Video 20detik]
(up/kna)