Kamis, 20 Feb 2020 06:00 WIB

RSUD Pandan Arang Boyolali Bikin 'Baper'

Ragil Ajiyanto - detikHealth
layanan baper di boyolali Beragam inovasi dilakukan demi kenyamanan pasien (Foto: Ragil Ajiyanto/detikHealth)
Boyolali -

Antrean panjang pendaftaran periksa di Poliklinik RSUD Pandan Arang, Boyolali, cukup melelahkan. Bahkan, sejak pagi-pagi atau jam operasional belum buka, sudah banyak yang rela datang agar mendapatkan antrian paling awal.

Namun, kini masyarakat bisa berlega hati, karena pihak rumah sakit kini memperbolehkan untuk Baper saat hendak periksa di Poliklinik.

Ya, Baper yang dimaksud di sini yaitu Booking Antrian Periksa. Sebuah aplikasi untuk memudahkan masyarakat dalam mendaftar untuk pemeriksaan kesehatan di Poliklinik RSUD Pandan Arang, Boyolali.

"Aplikasi Baper ini adalah Booking Antrean Periksa, tujuannya untuk memudahkan masyarakat dalam mendaftar saat hendak periksa di Poliklinik. Jadi bisa mendaftar dari tempat mana saja, melalui HP (handphone) Android," kata Direktur Utama RSUD Pandan Arang Boyolali, Siti Nur Rokhmah Hidayati, Rabu (19/2/2020).

Dengan layanan berbasis teknologi informasi ini semakin memudahkan masyarakat untuk memeriksakan kesehatannya ke rumah sakit. Semua pelayanannya by sistem dan bisa terdeteksi oleh semua.

"Bisa akuntabel dan lebih transparan," ujar Siti Nur Rokhmah.

Dijelaskan, aplikasi Baper ini bisa diunduh oleh masyarakat umum di Playstore, menggunakan smartphone berbasis Android. Banyak kemudahan yang didapat dengan Baper tersebut.

Selain bisa mendaftar secara online dan dimanapun, juga bisa mengecek jadwal dokter pada H-3, memilih dokter. Setelah mendapaftar di aplikasi, maka akan langsung mendapatkan nomor antrean.

Kemudahan lain untuk pelayanan yang sementara melayani rawat jalan ini dengan mengintegrasikan dengan Badan Pelayanan Jaminan Sosial (BPJS) dan Administrasi Kependudukan (Adminduk).

"Sudah terhubung dengan BPJS. Pasien BPJS tinggal booking. Baper terhubung dengan rujukan di P-core FKTP/PPK," jelasnya.

Di Baper ini, juga bisa memantau antrian dan pengambilan obat. Bisa cek riwayat periksa.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "RSUD Banjar Layani Penyakit Jantung Peserta BPJS Kesehatan"
[Gambas:Video 20detik]