Kamis, 20 Feb 2020 08:30 WIB

Hoax 'Angin Duduk' Bawa-bawa Ashraf Sinclair dan Mike Mohede, Ini Faktanya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Hoax angin duduk Beredar pesan bernada spekulasi mengenai penyebab meninggalnya Ashraf Sinclair. (Foto: Hoax or not)
Jakarta -

Kembali beredar pesan yang bernada spekulasi penyebab meninggalnya Ashraf Sinclair. Kali ini bukan hanya Ashraf, kematian musisi Mike Mohede juga diungkit.

"Belajar dari kasus Mike Mohede dan Ashraf Sinclair," tulis penggalan pesan tersebut.

Dalam narasinya, pengirim pesan menuliskan cerita dari seseorang bernama Dina, yang mengeluh tidak enak badan dan tidak lama setelahnya meninggal dunia. Lalu di bawahnya tertulis penjelasan mengenai penyebab meninggalnya adalah angina pectoris atau angin duduk.

Tak hanya itu, pesan berantai juga dilanjutkan dengan penjelasan mengenai gejala angin duduk seperti dada sesak dan nyeri ulu hati sebagai gangguan pada jantung yang mematikan dan menyebabkan serangan jantung.

Dituliskan juga nama dokter yang mendiagnosa penyakit Dina, yang dikaitkan dengan Ashraf Sinclair dan Mike Mohede, bernama dr Djoko Maryono, spesialis kardiologi dari RS Pusat Pertamina.

Tim detikcom kemudian menelusuri pesan berantai tersebut dan ditemukan pesan bernada serupa yang disebarkan melalui Facebook pada April 2019 silam. Bedanya, kali ini terdapat penambahan kalimat "Belajar dari kasus Mike Mohede dan Ashraf Sinclair."

Untuk nama dokter yang tercantum, Humas RS Pusat Pertamina, menyebut kabar tersebut adalah hoax dan dokter yang bersangkutan tidak pernah membuat pernyataan sebagaimana isi yang tercantum pada pesan tersebut.

"Sudah dikonfirmasi ke dokter yang bersangkutan, ini hoax ya mbak. Kesian masyarakat banyak dapat hoax," tutur Diana Santi, Humas RS Pusat Pertamina kepada detikcom, Kamis (20/2/2020).

Hingga saat ini, penyebab meninggalnya Ashraf Sinclair masih diduga kuat serangan jantung. Bukan GERD, seperti berita viral beberapa waktu lalu atau angin duduk.



Simak Video " Aktif Olahraga, Ashraf Sinclair Kantongi Sertifikat Pelatih Crossfit"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)