Kamis, 20 Feb 2020 10:32 WIB

Dikaitkan dengan Almarhum Ashraf Sinclair, Apa Itu Angin Duduk?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Hoax angin duduk Broadcast tentang angin duduk kembali viral, kali ini dikaitkan dengan almarhum Ashraf Sinclair dan Mike Mohede.
Jakarta -

Beredar pesan berantai yang berisi narasi kemungkinan penyebab meninggalnya Ashraf Sinclair dan Mike Mohede adalah angin duduk. Disebutkan bahwa bisa jadi keduanya mengalami gejala seperti 'angin duduk' yang tidak terdeteksi hingga menyebabkan kematian. Lalu, apa sih angin duduk itu?

"Sebenarnya tidak ada istilah angin duduk di medis. Perasaan sesak napas, dada berat seperti ditindih disertai dengan keringat membasahi baju atau mual adalah beberapa gejala dari serangan jantung," kata spesialis jantung dr Ayuthia Putri Sedyawan, SpJP, kepada detikcom, Kamis (20/2/2020).

Kerap disebut sebagai angin duduk karena pengidapnya merasakan gejala seperti masuk angin dan muntah akibat rasa sakit hebat di dada. Sementara angina pectoris adalah serangan rasa sakit mendadak di dada yang menyebabkan aliran darah ke jantung berkurang.

"Angina pektoris itu adalah nyeri dada yang disebabkan berkurangnya suplai oksigen ke otot jantung oleh karena adanya penyumbatan di satu atau lebih pembuluh darah koroner," terang dr Ayu.

Angina pektoris mirip dengan serangan jantung dan sering menyebabkan kematian mendadak. Untuk itu, dr Ayu menyarankan jika mengalami gejala seperti sesak napas, dada terasa mencengkram hingga muntah, disarankan segera ke rumah sakit untuk mengecek apakah hal tersebut merupakan serangan jantung atau bukan terlebih jka memiiliki faktor risiko.

"Jika kita bicara rentan artinya yang memiliki risiko seperti laki-laki, merokok, riwayat darah tinggi, diabetes, kolesterol tinggi, faktor keturunan, stres," pungkasnya.



Simak Video " Aktif Olahraga, Ashraf Sinclair Kantongi Sertifikat Pelatih Crossfit"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)