Jumat, 21 Feb 2020 09:00 WIB

Apa Itu Menstrual Cup? Ini Manfaat dan Cara Menggunakannya

Niken Widya Yunita - detikHealth
ilustrasi menstrual cup Foto: iStock/Apa Itu Menstrual Cup? Ini Manfaat dan Cara Menggunakannya
Jakarta -

Menstrual cup terasa asing bagi yang belum mengetahuinya. Menstrual cup adalah cangkir menstruasi sebagai pengganti pembalut. Pembalut selama ini digunakan kaum hawa yang sedang menstruasi.

Dilansir healthline, cangkir menstruasi ini bermanfaat karena dapat dipakai berulang kali. Bentuknya seperti cangkir kecil, berbentuk corong, dan terbuat dari karet atau silikon.

Menstruasi cup ini juga bermanfaat dapat menampung lebih banyak darah dan ramah lingkungan. Kamu dapat membersihkan menstruasi cup ini 6 jam hingga 12 jam, namun tergantung dari banyaknya darah menstruasi yang keluar. Menstrual cup dapat menampung darah hingga sekitar 40 ml. Sedangkan pembalut hanya dapat menampung sekitar 7 ml.

Di Indonesia, belum banyak yang memakai menstrual cup. Kalau kamu mau menggunakan menstrual cup, konsultasikan dengan dokter kandungan terlebih dulu. Dokter akan mempertimbangkan seperti usia, aliran besar atau kecilnya darah menstruasi, fleksibilitas menstrual cup, dan kapasitas menstrual cup. Meskipun kamu dapat membeli dengan merek mana pun di toko online, namun kamu harus terlebih dahulu mengetahui ukuran apa yang dibutuhkan.

Ukuran menstrual cup yang lebih kecil biasanya direkomendasikan untuk wanita berusia di bawah 30 tahun dan belum melahirkan secara normal. Sedangkan ukuran menstrual cup yang lebih besar direkomendasikan untuk wanita yang berusia di atas 30 tahun dan telah melahirkan secara normal.

Saat kamu memakai menstrual cup pertama kali, mungkin terasa tidak nyaman.

Berikut langkah-langkah memakai menstrual cup:

Apa Itu Menstrual Cup? Ini Manfaat dan Cara MenggunakannyaFoto: iStock/Apa Itu Menstrual Cup? Ini Manfaat dan Cara Menggunakannya


1. Cuci tangan kamu sampai bersih.

2. Olesi pelumas berbahan dasar air ke ujung menstrual cup.

3. Kamu perlu memposisikan diri senyaman mungkin, bisa dengan duduk atau jongkok.

4. Setelah itu, lipat menstrual cup ke dalam dan membentuknya seperti segitiga atau huruf u. Setelah itu kamu tinggal memasukkannya ke dalam vagina dengan bantuan pelumas.


Setelah 6 atau 12 jam kamu harus mengeluarkan menstrual cup dan buang darah menstruasi.

Berikut cara mengeluarkan menstrual cup:


1. Cuci tangan kamu sampai bersih.

2. Tempatkan jari telunjuk dan ibu jari ke dalam vagina. Tarik tangkai menstrual cup dengan lembut sampai kamu bisa menemukan ujungnya.

3. Jepit alas dan tarik ke bawah untuk melepas menstrual cup. Setelah keluar, kosongkan darah menstruasi.


Menstrual cup yang dapat digunakan kembali harus dicuci dan dilap bersih sebelum dimasukkan kembali ke dalam vagina kamu. Menstrual cup setidaknya dapat dipakai dua kali sehari. Alat ini dapat bertahan selama 10 tahun dengan perawatan yang tepat.

Menstrual cup lebih hemat biaya daripada tampon dan pembalut. Harganya rata-rata sekitar Rp 200 ribuan hingga Rp 500 ribuan. Nilai ini lebih murah dibanding kamu harus membeli pembalut setiap bulannya selama enam tahun.

Apa Itu Menstrual Cup? Ini Manfaat dan Cara MenggunakannyaFoto: DW (SoftNews)/Apa Itu Menstrual Cup? Ini Manfaat dan Cara Menggunakannya


Lalu apa saja kelemahan menstrual cup?


1. Menstrual cup sulit dimasukkan atau dilepaskan. Kemungkinan menstrual cup akan bocor jika kamu belum bisa memakainya.


2. Kami bisa alergi terhadap materi menstrual cup. Kebanyakan menstrual cup terbuat dari bahan yang bebas lateks. Tetapi bagi sebagian orang, ada kemungkinan bahan silikon atau karet dapat menyebabkan reaksi alergi.


3. Menstrual cup dapat mengiritasi vagina kamu jika tidak dibersihkan dan dirawat dengan benar. Cuci cangkir dengan benar. Bilas dan biarkan mengering. Cuci tangan kamu setelahnya.


Jadi tertarik mencoba memakai menstrual cup?



Simak Video "Seks Aman Saat Pandemi Corona Bersama dr Boyke"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/erd)