Jumat, 21 Feb 2020 08:30 WIB

Amankah Biji Alpukat Dikonsumsi?

Tri Suharyati - detikHealth
biji alpukat dapat cegah bakteri Foto: iStock/Amankah Biji Alpukat Dikonsumsi?
Jakarta -

Alpukat atau avokad merupakan buah yang dikenal kaya dengan kandungannya yang menyehatkan. Daging alpukat yang tebal dan rasanya yang sedikit manis ini bsa kamu jadikan jenis makanan dan minuman seperti salad, jus dan smoothie.


Alpukat juga memiliki biji yang ukurannya cukup besar berwarna hijau kecoklatan. Namun, sebagian orang membuang biji alpukat ini karena menurutnya sudah tidak bisa dikonsumsi dan tidak memiliki manfaat, sebagian lagi juga menyatakan bahwa biji alpukat memiliki manfaat. Tapi, amankah jika biji alpukat di konsumsi?


Dilansir dari laman Healthline, sampai saat ini manfaat yang terdapat pada biji alpukat masih sangat minim. Penn State University pernah melakukan riset pada biji alpukat. Biji alpukat direbus dan diminum airnya untuk mengobati diabetes, masalah pencernaan dan infeksi. Studi serupa juga dilakukan oleh negara Nigeria yang menyatakan, mengonsumsi rebusan air biji alpukat untuk mengatasi hipertensi. Dari kedua riset tersebut, saat ini yang bisa dimanfaatkan dari ekstrak biji alpukat adalah sebagai zat pewarna saja.


Negara lainnya juga melakukan riset pada biji alpukat yakni Meksiko dan Israel. Hasil riset dari Meksiko menyatakan ekstrak biji alpukat berbahaya bagi tikus, meski tidak sampai merusak genetika. Sementara studi dari Israel menyatakan, minyak biji alpukat meningkatkan kandungan lemak di liver tikus.


Dari beberapa hasil riset tersebut belum dipastikan biji alpukat baik dikonsumsi oleh manusia, karena riset hanya dilakukan dengan tikus. Perlu adanya penelitian kembali untuk memastikan bahwa biji alpukat benar-benar baik dikonsumsi oleh manusia.


Jika masih penasaran dan ingin mencoba manfaat biji alpukat sebaiknya gunakan takaran yang sedikit saja untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan. Kamu bisa gunakan ekstrak biji alpukat berdampingan dengan salad atau smoothie.


Cara membuat ekstrak biji alpukat juga bisa kamu lakukan dirumah. Panggang biji alpukat di dalam oven dengan suhu 121 derajat celcius selama dua jam, lalu potong menjadi bagian kecil dan haluskan menggunakan blender sampai berbentuk bubuk halus, atau bisa juga dengan memarutnya. Lalu, campurkan bubuk biji alpukat dengan makanan pendamping agar pahit yang dihasilkan dari biji alpukat tidak terlalu terasa.



Simak Video "Cara Memilih Krim Muka yang Aman di Online Shop"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/erd)