Jumat, 21 Feb 2020 09:40 WIB

Viral Video Sortir Masker di Lantai Rumah dan Diinjak, Netizen: Jijik Lihatnya!

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Viral masker diinjak-injak Viral masker diinjak-injak. (Foto: Screenshot viral)
Jakarta -

Menyusul harga masker yang tinggi dan barangnya langka imbas dari virus corona, masyarakat banyak yang kesulitan mendapatkan stok. Terlebih penggunaan masker dianggap mampu menangkal penularan COVID-19.

Namun belum lama ini beredar video berdurasi semenit yang memperlihatkan aktivitas penyortiran masker di sebuah rumah petak. Dalam video viral tersebut terlihat masker sedang dikemas namun dalam kondisi terinjak dan yang mengemasnya tidak menerapkan konsep higienitas.

"Jadi kalau misalnya ini, posisi-posisi ini di gudang atau di pabriknya. Ini karyawan-karyawan yang sedang sortir atau memasukkan masker 3 play dengan merek Solida. Ini barangnya asli. 3 ply bukan 2 play," kata seorang pria di dalam video tersebut.

Dalam video itu terlihat masker bermerek Solida 3 ply tertumpuk-tumpuk di lantai rumah. Sebagian diduduki oleh ibu-ibu yang menjadi pengemas dan bagian yang lain diinjak-injak.

"Sumpah aku jijik lihatnya. Masker yang aku beli di toko bersih nggak ya?" tulis salah satu pengguna Twitter @J*i***ed

Tentu saja masker harus higienis, steril, dan terjamin kebersihannya sebelum digunakan oleh konsumen. Tindakan dalam video tersebut yang sengaja dibuat untuk mempromosikan produk sangat tidak dibenarkan.

Pihak detikcom berusaha menghubungi pihak Solida untuk mengkonfirmasi kebenarannya. Sampai saat ini, pihak Solida belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut atas video tersebut.

Namun di laman Instagram resminya, mereka menuliskan keterangan bahwa yang terlihat di video viral tidak benar adanya.

"Merujuk pada video hoax yang beredar, kami sampaikan bahwa masker SOLIDA diproses dalam pabrik berstandarisasi HACCP, ISO, dll," tulis akun resmi @solida.proteksi.



Simak Video "Kapan Waktu yang Baik untuk Gunakan Masker?"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)