Jumat, 21 Feb 2020 10:49 WIB

Pasien di Singapura Idap COVID-19 dan Demam Berdarah Dengue Bersamaan

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Blood sample with requisition form for dengue virus test Seorang pasien di Singapura mengidap COVID-19 dan dengue sekaligus (Foto: iStock)
Jakarta -

Seorang pasien wanita di Singapura positif mengidap demam berdarah dengue dan virus corona COVID-19 secara bersamaan. Pasien yang menjadi kasus ke-82 di negara tersebut akhirnya di karantina di Rumah Sakit Umum Ng Teng Fong.

Departemen Kesehatan menjelaskan, awalnya wanita berusia 57 tahun ini datang ke rumah sakit tersebut pada Kamis (20/2) karena demam berdarah. Pada hari Sabtu, ia datang lagi dan akhirnya dirawat di salah satu bangsal umum.

Dikutip dari Straits Times, saat itu Departemen Kesehatan yakin kalau pasien tersebut tidak salah didiagnosis dan hasil laboratoriumnya menyatakan bahwa dia mengalami demam berdarah.

Namun, saat dirawat di sana ia mengalami gejala pada pernapasannya dan akhirnya diuji lab untuk penyakit COVID-19. Hasilnya, pada Selasa sore dia dikatakan positif terkena penyakit dari virus corona.

Melihat hal ini, Departemen Kesehatan yakin bahwa pasien itu tertular saat dirawat di rumah sakit tersebut. Hingga saat ini, wanita tersebut menjadi pasien pertama yang mengalami dua virus penyakit sekaligus.



Simak Video "Gejala Infeksi Corona COVID-19 Tak Biasa yang Perlu Diwaspadai"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)