Jumat, 21 Feb 2020 16:14 WIB

Ini Pentingnya Kesehatan Saluran Cerna bagi Tumbuh Kembang Anak

Angga Laraspati - detikHealth
Kalbe Foto: shutterstock
Jakarta -

Sebagian orang tua masih belum memahami bahwa kesehatan saluran cerna sangat penting bagi tumbuh kembang anak. Hal ini dikarenakan saluran cerna anak bisa dibilang merupakan otak kedua karena usus bisa mempengaruhi perilaku anak.

Sebuah perumpamaan untuk teori tersebut diungkapkan oleh bapak kedokteran dunia Hippocrates yang sampai saat ini menjadi patokan perkembangan ilmu kedokteran modern. Ia menyebutkan dalam tubuh yang sehat, terdapat usus yang sehat. Hal ini bisa dijelaskan bahwa sistem pencernaan yang sehat akan memperkuat sistem imun tubuh yang akhirnya melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur mengatakan saluran cerna anak dihuni dengan bakteri yang menguntungkan dan juga merugikan bagi anak, bakteri tersebut sering disebut dengan nama mikroflora. Bakteri tersebut selalu saling berkompetisi dan menghasilkan komposisi mikroflora yang bervariasi.

"Pada saluran cerna mikroflora dapat berupa bakteri yang menguntungkan (bifidobacterium and Lactobacillus) dan bakteri yang merugikan (P. aeruginosa, Proteus, Staphylococcus, Clostridium, E. Coli, dan Salmonella)," ujar dr Muliaman kepada detikHealth baru-baru ini.

dr Muliaman melanjutkan bahwa otak sering juga disebut sebagai 2nd Brain karena di dalam saluran cerna banyak sekali hormone dan stimulasi yang berhubungan dengan otak seperti kecerdasan perilaku seorang anak. Karena itulah orang tua dianjurkan untuk menjaga kesehatan si Kecil agar saluran cerna anak terhindar dari berbagai penyakit.

"Perilaku dan tumbuh kembang anak sangat dipengaruhi oleh kesehatan saluran cernanya, karena dia akan dapat menyerap nutrisi dengan baik sehingga anak akan berperilaku dengan baik," tutur dr Muliaman.

Berbagai cara juga bisa dilakukan untuk menjaga pencernaan anak agar terhindar dari penyakit seperti diare, muntah, sakit perut, dan konstipasi atau sudah BAB yang terkadang menyerang si Kecil apabila saluran cerna tidak dijaga kesehatannya. Salah satu cara untuk menjaga kesehatannya adalah dengan mempertahankan keseimbangan mikroflora yang didominasi oleh bakteri menguntungkan.

"Bisa dengan cara menjaga kebersihan tangan, makanan, minuman dan juga tentunya dengan memberikan bakteri yang baik dari luar untuk pencegahan seperti probiotik bifidobacterium pada susu anak," ungkapnya.

dr Muliaman juga mengatakan saat ini perkembangan teknologi sudah semakin canggih, sehingga dapat memberikan tiga bifidobacterium sekaligus yang dikenal dengan triple bifidus ke dalam susu anak sehingga mikroflora usus anak dapat dipertahankan dan ditingkatkan.

Anda pun dapat menemukan Triple bifidus ini ada dalam MoriCare Zigma dalam Morinaga Platinum Oleh karena itu, agar anak berkembang dengan baik dan tidak terserang gangguan pencernaan sehingga mengganggu pertumbuhannya, konsumsi susu yang mengandung laktoferin seperti susu formula terbaik Morinaga Chil-Kid Platinum dan Morinaga Chil-School Platinum. Susu tersebut mengandung pro-probiotik agar si kecil tak mudah diare serta telah teruji klinis sebagai bakteri baik oleh Morinaga Research Center di Jepang.



Simak Video " Nggak Cuma Indah, Bunga Ini Bisa Dibuat Jadi Minuman Sehat!"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)