Jumat, 21 Feb 2020 17:49 WIB

Biar Nggak Gampang Sakit, Ini Cara Tingkatkan Kualitas Saluran Cerna

Angga Laraspati - detikHealth
Kalbe Foto: shutterstock
Jakarta -

Pencernaan merupakan hal yang penting di dalam tubuh. Organ-organ yang juga turut andil dalam proses pencernaan tersebut patut kita jaga kesehatannya, sehingga pencernaan tidak terganggu akibat virus maupun bakteri yang hinggap dan hidup di dalam saluran pencernaan.

Dilansir dari Healthline, setiap orang sesekali mengalami gangguan pencernaan pada perutnya seperti sembelit, sakit perut, mulas, mual, gas, dan juga diare. Namun ketika gejala tersebut sering terjadi, pastinya penyakit itu akan sangat mengganggu.

Masih dari Healthline, usus kita ternyata memiliki peran yang penting dalam mengatur tubuh agar berfungsi. Saat makanan masuk ke dalam usus, organ ini memiliki peran untuk menyerap nutrisi penting untuk tubuh kita. Selain itu, usus juga memiliki peran dari produksi energi hingga keseimbangan hormon, kesehatan kulit hingga kesehatan mental, dan bahkan pembuangan racun dan limbah.

Lalu bagaimana caranya agar kita dapat meningkatkan kualitas pencernaan? Medical Marketing Manager Kalbe Nutritionals dr Adeline Devita mengatakan kesehatan usus dapat terganggu apabila kurang mengonsumsi sayur dan buah. Konsumsi yang belum memadai dapat berpengaruh terhadap suplai vitamin, mineral, serat, enzim pencernaan, dan air yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

"Sumber vitamin dan mineral dapat diperoleh dari konsumsi sayur serta buah yang berperan untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh, memperlancar pencernaan, dan dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit seperti penyakit jantung, beberapa jenis kanker, dan obesitas," ujar dr Adeline kepada detikHealth, baru-baru ini.

Oleh sebab itu, lanjut dr Adeline penting bagi tubuh untuk mengonsumsi buah dan sayur dalam jumlah cukup sesuai Angka Kecukupan Gizi (AKG). Tetapi pada kenyataannya, tingkat konsumsi buah dan sayur di masyarakat Indonesia masih terbilang rendah. Padahal, jenis makanan tersebut mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Tak hanya itu, buah dan sayur juga mengandung serat yang bermanfaat untuk sistem pencernaan.

"Terdapat perbedaan kebutuhan serat antara wanita dan pria. Untuk wanita, kebutuhan serat per hari yang diperlukan yaitu sekitar 25 gram sedangkan untuk pria, kebutuhan serat yang harus dipenuhi berkisar antara 30-38 gram per hari," tutur dr Adeline.

Serat yang dikonsumsi setiap hari itu akan diserap oleh tubuh kemudian akan difermentasi untuk menghasilkan asam lemak rantai pendek yang memiliki sejumlah fungsi kesehatan antara lain membuat penyerapan kolesterol dalam darah berkurang dan memberikan tambahan energi untuk usus besar agar dapat menyerap nutrisi dengan lebih baik.

"Meski kerap disepelekan, serat adalah nutrisi yang sangat penting bagi tubuh kita, terutama berkaitan dengan fungsi sistem pencernaan. Tubuh yang kurang serat berpotensi mengalami sejumlah gangguan kesehatan, dari yang sifatnya ringan, hingga serius sekalipun," ungkap dr Adeline.

Bila memang kurang suka untuk mengonsumsi sayuran atau buah-buahan, dapat juga mengonsumsi Nutrive FiberShot yang mengandung 16 sari buah dan sayur untuk memenuhi kebutuhan serat bagi tubuh. Produk dengan konsep minuman konsentrat tinggi serat (shot) dengan rasa segar ini memberikan Anda cara yang berbeda dan enak dalam memenuhi kebutuhan serat.



Simak Video " Nggak Cuma Indah, Bunga Ini Bisa Dibuat Jadi Minuman Sehat!"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)