Jumat, 21 Feb 2020 19:30 WIB

Ada Super-Spreader Corona, Daegu di Korsel Jadi Zona Perawatan Khusus

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Kondisi Kota Daegu kini pasca virus Corona. Kota Daegu menjadi zona perawatan khusus. (Foto: (AP))
Jakarta -

Jumlah orang yang terinfeksi virus corona COVID-19 di Korea Selatan melonjak pesat, yaitu dari 104 menjadi 204 kasus, pada Jumat (21/2). Lonjakan ini terjadi diduga karena adanya peristiwa 'super-spreading' atau penyebaran dari satu pasien ke banyak orang, yang terjadi di Gereja Shincheonji, Daegu.

Perdana Menteri Chung Sye-Kyun mengatakan Korea Selatan sedang dalam situasi darurat. Kota-kota selatan Daegu dan Cheongdo telah dinyatakan sebagai 'zona perawatan khusus'.

"Sangat sulit untuk menemukan orang yang telah melakukan kontak dengan orang yang terinfeksi, dan menyembuhkan pasien," kata PM Chung, seperti dikutip dari BBC.

Dia mengatakan pemerintah Korea Selatan telah menyiapkan berbagai sumber daya dan fasilitas, seperti tempat tidur, peralatan medis, petugas kesehatan, dan sosialisasi tentang cara pembatasan penyebaran virus corona.

"Pemerintah selama ini hanya fokus pada penanggulangan infeksi yang datang dari luar negeri. Mulai sekarang, pemerintah akan lebih memprioritaskan mencegah penyebaran virus secara lokal," pungkasnya.



Simak Video "Angka Kematian Akibat COVID-19 di Indonesia Tinggi, WHO Beri Arahan"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)