Sabtu, 22 Feb 2020 15:14 WIB

Sempat Dinyatakan Sembuh, Pasien Virus Corona di China kembali Dirawat

Firdaus Anwar - detikHealth
Jumlah korban jiwa imbas virus corona terus bertambah. Hingga hari ini, Rabu (19/2) korban tewas akibat virus itu mencapai lebih dari 2 ribu orang secara global Pasien yang sebelumnya dinyatakan sembuh kembali positif virus corona. (Foto ilustrasi: AP Photo)
Jakarta -

Seorang pasien yang sempat dinyatakan sembuh dari virus corona COVID-19 di daerah Provinsi Chengdu, China, harus kembali masuk ke rumah sakit. Alasannya karena ia kembali terbukti positif saat menjalani karantina sendiri di rumah.

Dikutip dari Reuters pada Sabtu (22/2/2020), sang pasien terbukti positif 10 hari setelah diperbolehkan pulang. Kasus serupa seperti ini juga dilaporkan terjadi di beberapa daerah lain.

Menurut keterangan dari kantor berita setempat, hasil tes yang positif meski sudah dinyatakan sembuh ini kemungkinan terjadi karena perbedaan sampel. Dokter Lei Xuezhong mengatakan sebagai contoh dulu petugas hanya perlu mengambil sampel dari hidung dan belakang tenggorokkan tapi kini harus mengambil dari paru-paru.

Pedoman resmi menyebut sebelum pasien dinyatakan sembuh dan boleh pulang ia harus lolos tes negatif dari virus corona. Tes dilakukan dua kali dengan jeda waktu satu hari.

Komisi Kesehatan China juga menyebut bahwa bila sudah di rumah pasien harus mengecek kondisi kesehatannya selama minimal 14 hari dan mengurangi aktivitas di luar rumah.



Simak Video "WHO Belum Bisa Prediksi Penyebaran COVID-19 ke Depannya"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)