Minggu, 23 Feb 2020 05:20 WIB

5 Tanda Kecanduan Seks dan Bahayanya

Yovini Erfan Eke Lamawato - detikHealth
fantasi seksual Kecanduan seks (Foto: iStock)
Jakarta -

Bagi banyak orang seks adalah aktivitas yang menyenangkan serta sehat. Namun bila sudah kecanduan, tentu ada dampak negatifnya.

Kecanduan seks digambarkan sebagai kebutuhan kompulsif untuk melakukan tindakan seksual. Seseorang yang kecanduan seks memiliki gangguan seperti penggunaan alkohol dan penggunaan opiat.

Bagi sebagian orang, kecanduan terhadap seks bisa sangat berbahaya dan mengakibatkan banyak kesulitan dalam menjalin hubungan. Diyakini bahwa seseorang yang kecanduan seks akan mencari banyak pasangan seks.

Meskipun tidak selalu tetapi beberapa melaporkan bahwa itu mungkin memanifestasikan dirinya sebagai kebutuhan kompulsif untuk masturbasi, melihat pornografi, atau berada dalam situasi yang merangsang secara seksual.

Seorang yang kecanduan seks secara signifikan dapat mengubah hidupnya dan kegiatan mereka untuk melakukan tindakan seksual beberapa kali dalam sehari dan tidak dapat mengendalikannya.

Dikutip dari Healthline apa saja gejala kecanduan seks:

Karakteristik yang mungkin terjadi adalah terampil menyembunyikan prilaku mereka dan mungkin berbohong tetang kegiatan mereka. Namun kadang-kadang gejala ini hadir dan terlihat. Berikut beberapa tanda yang terlihat bagi mereka yang kecanduan seks.

1. Pemikiran dan fantasi seksual yang kronis dan obsesif.
2. Berbohong untuk menutupi perilaku.
3. Keasyikan berhubungan seks, bahkan ketika itu mengganggu kehidupan sehari-hari, produktivitas, dan kinerja kerja.
4. Merasa menyesal atau bersalah setelah berhubungan seks.
5. Prilaku kompulsif yang membebani hubungan seperti tekanan perselingkuhan.



Simak Video "Seks Aman Saat Pandemi Corona Bersama dr Boyke"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)