Minggu, 23 Feb 2020 10:52 WIB

1 Warga Tewas karena Virus Corona, 10 Kota di Italia Masih 'Lockdown'

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Kasus virus corona di China dan negara lain terus bertambah. Walaupun begitu, sebanyak 10.844 pasien virus corona di China daratan telah berhasil sembuh. Italia mulai kunci kota akibat virus corona. (Foto: AP Photo)
Jakarta -

Sepuluh kota di Italia 'dikunci' dan penduduk diperingatkan untuk 'menjauh' dari UGD setelah kematian kedua akibat virus corona COVID-19 memicu kekhawatiran di seluruh wilayah. Italia kali ini juga menjadi negara yang warganya meninggal akibat COVID-19.

Korban adalah seorang wanita yang tinggal di Lombardy, Milan. Kematiannya dilaporkan terjadi beberapa jam setelah seorang pria meninggal di Padua, Veneto. Wanita tersebut adalah orang lokal pertama di Eropa yang meninggal akibat coronavirus.

Menteri Kesehatan Italia menyebut korban yang meninggal telah dirawat du rumah sakit 10 hari sebelumnya karena mengidap masalah kesehatan yang tidak berhubungan dengan COVID-19.

Mengutip Euro News, terdapat delapan kasus sama terjadi di rumah sakit Codogno. Seorang pria 38 tahun yang sedang di rawat di sana juga istri yang merawatnya terkonfirmasi virus corona. Lima staf medis, termasuk perawat dan dokter, juga dinyatakan positif.

Kementerian Kesehatan Italia memerintahkan siapa pun yang melakukan kontak langsung untuk dikarantina selama 14 hari. Sekitar 150 orang, termasuk tenaga medis, dalam isolasi menjalani tes.

Presiden regional Veneto Zaia mengatakan bahwa penularan menunjukkan bahwa virus ditularkan seperti flu. "Anda bisa mendapatkannya dari siapa pun," katanya.

Walikota Codogno mengeluarkan dekrit yang memerintahkan penutupan semua restoran, kedai kopi, sekolah, dan tempat berkumpul umum seperti disko dan pusat kebugaran. Kementerian kesehatan menyarankan penduduk daerah untuk tinggal di rumah sebagai tindakan pencegahan.

Media lokal Italia mengatakan pada hari Sabtu bahwa 10 kota yang dikunci antara lain: Casalpusterlengo, Codogno, Castiglione d'Adda, Fombio, Maleo, Somaglia, Bertonico, Terranova dei Passerini, Castelgerundo dan San Fiorano.



Simak Video "Tunda Liburan! Pilih Social Distancing di Tengah Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)