Minggu, 23 Feb 2020 10:53 WIB

Ini Dia Pertolongan Pertama Saat Penyakit Jantung Menyerang

Faidah Umu Sofuroh - detikHealth
RJP Foto: shutterstock
Jakarta -

Serangan jantung masih menjadi penyebab tertinggi kematian di dunia. Menurut Word Health Organization (WHO), lebih dari 8 juta orang meninggal karena penyakit ini. Banyak orang dengan penyakit jantung kemudian terkena serangan jantung mendadak yang tidak terselamatkan karena tidak diberikan pertolongan pertama.

Pertolongan pertama ini menentukan peluang pasien selamat dari serangan jantung. Saat terjadi serangan jantung mendadak, pertolongan pertama harus segera diberikan. Untuk kamu yang berada di sekitar pasien serangan jantung, berikut hal yang perlu diperhatikan dalam memberikan pertolongan pertama.

Longgarkan Pakaian Pasien

Saat orang terkena serangan jantung, usahakan jangan mengerubunginya. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah melonggarkan pakaian agar aliran darah dalam tubuh tidak terhambat dan pasien diharapkan bisa bernapas dengan baik.

Beri Obat Sesuai Resep

Saat kamu memiliki riwayat penyakit jantung, sebaiknya bawa obat jantung. Hal ini akan memudahkan orang-orang di sekitarmu untuk memberikan pertolongan pertama jika sewaktu-waktu kamu mendapat serangan jantung mendadak.

Beri RJP

Saat melihat orang lain terkena serangan jantung, kamu bisa melakukan resusitasi jantung paru (RJP). RJP ini bisa membuat fungsi jantung kembali normal jika dilakukan dengan benar. Namun sayangnya, belum banyak masyarakat Indonesia yang mengetahui cara melakukan RJP dengan benar.

Cara melakukan RJP, pertama yaitu lentangkan pasien pada permukaan yang rata dan keras. Kemudian, berikan 30 kali kompresi dada pada pertengahan dada (pertengahan bagian bawah tulang sternum), dengan kecepatan minimal 100-200 kali per menit.

Jika pasien tidak merespons, lanjutkan dengan napas buatan, caranya dengan menutup hidung pasien lalu berikan napas lewat mulut selama satu detik. Lanjutkan dengan kompresi dada. Lakukan 5 kali pengulangan hingga pasien sadar.

Segera Bawa ke Rumah Sakit

Serangan jantung bisa terjadi di mana saja dan kapan saja. Saat orang lain terkena serangan jantung, segera hubungi Unit Gawat Darurat (UGD) atau bawa pasien ke rumah sakit terdekat, agar pasien segera mendapatkan pertolongan dari ahlinya dan sesuai dengan kebutuhan.

Penyakit dan serangan jantung ini memang menjadi salah satu penyakit yang terus menghantui masyarakat. Kejadiannya yang cepat dan tak terduga-duga kerap membuat masyarakat khawatir terkena penyakit ini.

Namun, sebenarnya ada cara menjaga kesehatan jantung serta mengurangi risiko penyakit jantung. Beberapa cara di antaranya yaitu melakukan olahraga yang cocok untuk penyakit jantung secara rutin, melakukan gaya hidup sehat, serta mengurangi makan makanan yang mengandung kolesterol tinggi.

Sebab, kolesterol merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung. Kolesterol yang berlebih akan menyumbat pembuluh darah yang mengalirkan darah ke jantung. Apabila terjadi penyumbatan total maka akan mengakibatkan serangan jantung.

Untuk itu, kamu perlu mengetahui cara menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuhmu. Caranya, makan makanan untuk mengurangi kolesterol seperti gandum, kacang-kacangan, buah stroberi, apel, anggur, alpukat, dan masih banyak lainnya.

Cara menurunkan kadar kolesterol yang lain yaitu dengan menjalani gaya hidup sehat. Caranya dengan berolahraga secara teratur, hindari makanan junk food dan berkolesterol tinggi, dan bantu juga dengan minum Nestle ACTICOR.

Nestle ACTICOR merupakan minuman untuk menurunkan kolesterol yang mengandung susu dengan serat pangan larut Beta Glucan dan Inulin. Kandungan Beta Glucan dan Inulin teruji klinis mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang merupakan faktor risiko penyakit jantung.

Beta Glucan dan Inulin juga mampu memperbaiki profil LIPID dengan mempengaruhi LIPID dan asam empedu. Nestle ACTICOR juga terbuat dari bahan alami, rendah lemak dan rasanya pun sangat enak.

Ada 4 varian rasa, antara lain avocado, chocolate, green-tea latte, dan banana. Tak hanya itu, Nestle ACTICOR juga bisa menjadi sumber vitamin B1 dan B2. Nestle ACTICOR baik dikonsumsi oleh orang dewasa yang peduli akan kesehatan tubuh.

Buat kamu yang suka minuman dingin, Nestle ACTICOR juga bisa dikonsumsi dikombinasikan dengan es batu atau diminum dalam kondisi dingin. Untuk hasil yang optimal, Nestle ACTICOR dianjurkan untuk diminum 2x sehari setelah makan.

Dengan Nestle ACTICOR, kamu bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Jika kolesterol jahat turun, maka akan mengurangi risiko terkena penyakit kolesterol yang jadi pemicu penyakit jantung. Mulai hari ini, yuk minum Nestle ACTICOR setiap hari.



Simak Video "Pentingnya Deteksi Jantung saat Berolahraga"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mpr)