Minggu, 23 Feb 2020 16:12 WIB

Kata Kemenkes Soal Pria Jepang Positif Corona Sepulang dari Indonesia

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Airport personnel look at thermal scanners as they check on arriving passengers at Manilas international airport, Philippines, Thursday, Jan. 23, 2020. The government is closely monitoring arrival of passengers as a new coronavirus outbreak in Wuhan, China has infected hundreds and caused deaths in that area. (AP Photo/Aaron Favila) Kemenkes RI mengaku belum mendapat jawaban dari Jepang soal pria Jepang positif virus corona sepulang dari Indonesia. (Foto: AP Photo)
Jakarta -

Beredar kabar seorang pria Jepang dinyatakan positif mengidap penyakit virus corona baru (COVID-19) tak lama setelah kembali dari kunjungan ke Indonesia, demikian laporan dari NHK. Menurut laporan NHK, pemerintah metropolitan Tokyo mengumumkan pada hari Sabtu pria yang diketahui seorang penduduk Tokyo berusia 60-an, telah terinfeksi oleh virus corona baru.

Pria itu adalah seorang anggota staf sebuah fasilitas perawatan senior, yang mengunjungi sebuah institusi perawatan kesehatan pada 12 Februari. Awalnya ia mengalami gejala-gejala seperti flu, tetapi ia kembali ke rumah pada hari yang sama karena tidak didiagnosis menderita pneumonia. Dia kembali bekerja di rumah senior pada 13 Februari, 14 Februari di rumah, dan kemudian dilaporkan bepergian ke Indonesia untuk liburan keluarga pada 15 Februari.

Dihubungi detikcom, Dr Anung Sugihantono, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengaku belum mendapat konfirmasi lebih lanjut terkait hal tersebut.

"Belum. Belum dijawab sama Jepang," jelasnya saat dihubungi detikcom, Minggu (23/2/2020)

Siaran pers dari Tokyo Novel Coronavirus Infectious Disease Control Center di situs web pemerintah metropolitan Tokyo menyatakan bahwa seorang penduduk Tokyo berusia 60-an tahun dinyatakan positif mengidap penyakit COVID-19. Gejala-gejalanya sendiri mulai muncul pada 12 Februari, sebelum pria tersebut berlibur ke Indonesia.

Kasus ini menjadi kasus kedua kalinya seorang pasien dinyatakan positif COVID-19 setelah kunjungan ke Indonesia. Yang pertama, seorang lelaki Tionghoa yang diidentifikasi sebagai Jin, dinyatakan positif mengidap penyakit itu awal bulan ini, delapan hari setelah kembali dari Bali.



Simak Video "Gejala Infeksi Corona COVID-19 Tak Biasa yang Perlu Diwaspadai"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)