Senin, 24 Feb 2020 07:51 WIB

Sempat Terendam Banjir, Begini Kondisi Terkini Alat Radiologi RSCM

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Selasar RSCM (Sachril Agustin Berutu/detikcom) Selasar RSCM (Sachril Agustin Berutu/detikcom)
Jakarta -

Banjir Jakarta pada Minggu (23/2/2020) sempat menggenangi sejumlah titik di RS Cipto Mangunkusumo (RSCM). Beberapa alat radiologi dan radioterapi sempat terendam genangan.

Dalam rilis yang diterima detikcom, Senin (24/2/2020), proses pengeringan alat radiologi maupun radioterapi telah setelah dilakukan. Saat ini, uji fungsi akan dilakukan pada alat-alat tersebut dengan melibatkan Bapeten (Badan Pengawas Tenaga Nuklir).

"Pelayanan pasien radiologi akan tetap berjalan seperti biasa dan akan dilakukan di unit yang lain seperti UGD, Kencana dan Kiara," tulis Humas RSCM dalam rilisnya.

RSCM juga menyampaikan, untuk pelayanan Tomo Terapi dokter akan melakukan pengalihan ke alat lain jika dimungkinkan, namun bila tidak akan dilakukan proses rujukan ke RS lain sesuai koordinasi pihak RSCM.

Kepada wartawan, Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) DKI Jakarta Satriadi di RSCM Jakarta, sebelumnya menyebut banjir di RSCM terjadi karena saluran pembuangan air yang terlalu kecil.

"Setelah kita cek ternyata memang ada daya tampung (air di) taman yang dekat dengan ruangan radiologi yang karena tidak tertampung. Kemudian air melimpah ke ruangan itu (radiologi)," katanya, Minggu (23/2/2020).



Simak Video "RSCM-FKUI Berniat Kembangkan Terapi Plasma Darah Sembuhkan Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)