Senin, 24 Feb 2020 12:20 WIB

Deretan Obat yang Pernah Diklaim Bisa Sembuhkan Virus Corona COVID-19

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
WHO resmi menamai virus Corona yang menewaskan 1.115 orang. Virus mematikan yang pertama kali diidentifikasi di China pada 31 Desember itu dinamai COVID-19. Deretan obat dan vaksin yang disebut ampun atasi COVID-19. Foto ilustrasi: AP Photo
Jakarta -

Sejak mewabahnya virus corona di China dan beberapa negara lainnya, para ilmuwan berlomba-lomba untuk menciptakan obat dan vaksin untuk mengatasinya. Bahkan beberapa diantaranya telah terbukti bisa mengobati pasien yang sebelumnya positif COVID-19.

Ada beberapa obat dan vaksin yang disebut bisa mengatasi infeksi virus menular tersebut. Selain itu, ada juga yang sudah mendapatkan pengakuan dan hak paten, hingga sudah diproduksi secara massal.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini beberapa obat dan vaksin yang disebut ampuh mengatasi COVID-19.

1. Remdesivir

Obat yang disebut efektif untuk mengatasi virus corona adalah remdesivir. Obat ini dibuat oleh Gilead Sciences Inc, yang sebelumnya telah dipakai untuk menguji beragam penyakit seperti Ebola dan SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome).

2. Fapilavir

Obat lain yang telah disetujui sebagai antivirus COVID-19 adalah Favilavir atau Fapilavir. Fapilavir termasuk salah satu dari tiga obat yang telah menunjukkan hasil yang signifikan dalam mengobati virus corona, saat uji klinis.

Obat ini telah disetujui dan dipasarkan oleh National Medical Products Administration. Ini juga akan dikembangkan perusahaan farmasi Zhejiang Hisun dan diharapkan bisa membantu menyelesaikan pandemi ini.

3. Obat HIV

Komisi Kesehatan Kota Beijing, China, sebelumnya juga merekomendasikan obat anti-HIV/AIDS bisa efektif mengobati virus corona. Bahkan di beberapa rumah sakit sudah menggunakannya untuk menangani pasien COVID-19. Obat lain yang juga direkomendasikan untuk fungsi yang sama adalah Lopinavir atau Ritonavir.

4. Obat antimalaria

Berdasarkan hasil uji klinis para pakar China, obat antimalaria yaitu Chloroquine Phosphate, memiliki efek penyembuhan tertentu pada penyakit coronavirus atau COVID-19. Obat ini sudah digunakan selama 70 tahun sebagai obat malaria. Namun, setelah melewati berbagai uji klinis di lebih dari 10 rumah sakit di Beijing, Guangdong, China Selatan, dan Hunan, khasiatnya untuk mengobati pasien COVID-19 cukup baik.

5. Koktail Thailand

Di Thailand, pasien positif COVID-19 berhasil sembuh dengan 'koktail Thailand'. Obat itu merupakan campuran dari beberapa obat untuk mengatasi virus corona. Koktail Thailand tersebut terdiri dari obat HIV dan flu.



Simak Video "Favilavir, Antivirus Pertama yang Disetujui Lawan Virus Corona Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)