Senin, 24 Feb 2020 14:00 WIB

Setelah Obat, Kini Lintah Diklaim Bisa Mencegah Virus Corona

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
lintah berwarna hitam Ilustrasi lintah (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Sebuah penelitian menyebut lintah bisa mencegah virus corona di masa depan. Binatang penghisap darah ini dikatakan bisa memprediksi adanya virus yang ditularkan dari hewan ke manusia, termasuk virus corona.

Para ilmuwan dari University if East Anglia dengan metode bioteknologi terbarulah yang berhasil menemukan ini. Pemimpin penelitian, Professor Doughlas Yu telah meneliti 30 ribu lintah dalam lima tahun untuk mencari tahu keberadaan hewan liar yang merupakan tempat virus berkembang biak.

Setelah itu, virus bisa berpindah ke hewan atau manusia.

Yu mengatakan, saat lintah menghisap darah hewan liar, ia dapat mengetahui kondisi hewan tersebut. Setelah dihisap, DNA dari darah itu diekstraksi untuk mengetahui hewan yang dihisapnya, seperti rusa, kera, bahkan berbagai jenis burung.

Dikutip dari South China Morning Post, dari penelitian tersebut membuat Yu yakin dengan lintah bisa mencegah terjadinya wabah COVID-19 di masa depan.

"Tim kami siap untuk hal itu. Kami sudah menyediakan metodologi untuk mengantisipasinya. Metode yang sama juga bisa diterapkan untuk mendeteksi satwa liar (pembawa virus)," kata Yu.

Dengan penelitian tersebut, manusia bisa membuat antisipasi dari pencegahan hingga prediksi antivirus untuk virus corona. Agar virus tidak akan menular dari hewan ke manusia dan antar manusia.



Simak Video "Dicari Relawan Uji Coba Vaksin Corona dengan Bayaran Rp 65 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)